REFLEKSI: Obat Hati


IBSN: JANGANLAH HATIMU MUDAH TERLUKA

Oleh Hejis

Sebenarnya untuk apakah kita hidup di dunia ini? Jawaban atas pertanyaan ini dapat beragam. Manusia memiliki karakteristik individual yang khas, unik, sebab itu tujuan hidupnya juga unik. Ada yang ingin mendapatkan kekayaan sebanyak-banyaknya. Ada yang ingin memiliki kekuasaan sebesar-besarnya. Ada yang ingin memperoleh pahala sebanyak-banyaknya. Atau, mungkin, ada pula yang ingin mempunyai pasangan hidup yang secantik-cantiknya atau setampan-tampannya. Ada yang ingin memiliki semua yang telah disebutkan itu. Terserahlah, itu menjadi hak setiap orang sepenuhnya.

Tetapi, sebenarnya hakikat hidup ini adalah mencari kemuliaan. Kemuliaan sebagaimana fitrah manusia itu diciptakan oleh Allah Yang Maha Esa. Manusia diciptakan dan dihidupkan oleh Allah, diberi semacam paket yang melekat pada kehidupannya. Karena manusia yang percaya akan hidup di dua dimensi, dimensi fana (dunia) dan dimensi abadi (akhirat), maka manusia mesti mengelola dua kehidupan tersebut. Manajemen di dua kehidupan itu seperti apa? Itulah yang penting. Untungnya Allah berbaik hati telah memberikannya kepada kita semua ilmu menghadapi kehidupan. Kita tak perlu repot-repot memformulasikan tata perilaku untuk menghadapi kedua kehidupan itu dalam bentuk tuntunan atau pedoman yang ada di kitab suci atau ajaran utama pada setiap agama atau keyakinan. Dalam ajaran agama yang saya anut, manusia yang dapat menerapkan tuntunan itu akan selamat, baik selamat di dunia maupun di akhirat, insya Allah.

Nah, dalam kerangka seperti itu salah satu sarananya adalah berkehidupan sosial. Dengan berkehidupan sosiallah manusia dapat mencapai kemuliaan. Manusia yang hidup menyendiri akan sulit mencapai kemuliaan. Mengapa? Sebagian besar amal baik kita memerlukan orang lain. Misalnya, jika kita akan bersedekah kepada fakir miskin, maka harus ada fakir miskinnya. Tidak bisa kita bersedekah tanpa orang lain yang akan kita beri sedekah. Apa kita mau bersedekah kepada pohon? Bisa saja kita berbuat baik yang dicatat oleh Allah dengan menjaga kelestarian alam sebagai amal yang menimbulkan pahala, namun itu tidak akan dibalas dengan umpan balik yang lebih membahagiakan kita dibandingkan jika kita beramal kepada manusia lainnya. Misalnya juga, manakala kita mau mengurangi kesedihan orang lain, kita memerlukan orang yang sedih.

Berkehidupan sosial antarmanusia memerlukan perasaan-perasaan. Perasaan kita akan menentukan kualitas hubungan kita dengan orang lain. Perasaan yang gembira akan membuat orang lain ikut bergembira. Demikian pula perasaan sedih. Pada umumnya orang lebih senang melihat kegembiraan daripada kesedihan. Keceriaan kita akan membuat orang-orang mendekat kepada kita. Kita sebetulnya tidak suka melihat kesedihan. Memang dalam konteks tertentu, misalnya dalam kompetisi, kita senang melihat kesedihan orang yang kita kalahkan. Namun, sebenarnya bukan kesedihan itu yang membuat kita senang, melainkan kemenangan kita dalam berkompetisi.

Pentingnya hati tidak mudah terluka. Dalam kaitannya dengan perasaan-perasaan seperti itulah perlunya kita tidak mudah sedih, kecewa, marah, tersinggung. Perasaan sedih, kecewa, marah, tersinggung tentu tidak dapat kita hindarkan. Maksud saya adalah kita jangan mudah memiliki perasaan-perasaan tersebut. Apa perlunya? Pertama, Orang yang tidak mudah sedih dan sejenisnya, yang saya sebut “tegar” (kayaknya ini judul lagunya Rossa, ya?), dapat melewati hidup ini dengan lebih bahagia. Enak bukan bila hidup kita bahagia? Kedua, selain itu kita menjadi lebih dewasa dalam arti psikologis dan religius. Dalam arti luas hidup ini menuntut kedewasaan setiap manusia sebagai ujung dari semua perjalanan panjang kita. Ketiga, kekayaan yang banyak, kekuasaan yang luas, kekuatan yang hebat, dan kecantikan atau ketampanan fisik yang aduhai tidak banyak memberikan arti dalam hidup kita bila kita terus-menerus dilanda kesedihan, kekecewaan, kemarahan, dan ketersinggungan. Keempat, kebalikan dari perasaan sedih, kecewa, marah, dan tersinggung akan membantu kita dalam menambah jumlah sahabat yang kian banyak. Bukankah sahabat kita perlukan di mana pun kita berada? Kelima, orang yang tegar berpikiran jernih, sehingga mendapatkan peluang besar untuk kreatif, inovatif, produktif dan dapat diandalkan untuk menjadi teladan oleh siapa pun.

Memang banyak hal yang kalau kita masukkan ke dalam hati membuat kita sedih, kecewa, marah, dan tersinggung. Anak-anak yang rewel minta dibelikan mainan sementara Anda tidak memiliki cukup uang. Anak mertua yang rewel minta bermain-main sementara Anda sedang sibuk menyelesaikan PR untuk mendapatkan award dari blogger lain. Pacar yang terlalu bawel, melarang tidak boleh ini, tidak boleh itu. Pacar yang punya pacar lagi, selain pacarnya yang lama. Polisi tidur yang jumlahnya banyak di jalan-jalan yang Anda lalui sementara Anda terburu-buru harus cepat sampai di kampus, kantor, atau kantin (sic!). Orang yang dengan cueknya menyerobot antrian Anda di pom bensin. Akses internet yang ngadat. Bos yang cerewet. Tetangga yang banyak komplain. Genteng bocor. Mulut bocor. Ini. Itu. Dan, sejuta peristiwa yang bisa membuat kita senewen. Akankah hati kita mudah terluka? Tidak sayangkah kita pada hati kita sendiri dengan menyuruhnya bekerja keras untuk bersakit-sakit, padahal ia tidak perlu bekerja seberat itu agar hidup kita lebih indah?

CARANYA?. Lalu cara mengobati hati yang mudah luka bagaimana, mas? Umpamanya Anda bertanya seperti itu. Karena Anda bertanya, maka saya akan menjawab. Ini jawaban dari saya:

  • Biasakanlah berempati terhadap perasaan orang lain. Berempati adalah usaha untuk memahami sepenuhnya perasaan atau kondisi kejiwaan orang lain dari sudut pandang orang tersebut, bukan dari sudut pandang kita sendiri. Orang yang membuat Anda tersinggung hari ini, mungkin tidak sengaja melakukannya. Mungkin ia sedang depresi sehingga kata-katanya ketus. Mungkin juga ketika ngobrol dengannya, secara tidak sengaja Anda mengucapkan sebuah kata atau kalimat yang membuatnya meradang karena kata-kata itu mengingatkannya pada suatu pengalaman yang teramat pahit baginya.
  • Janganlah menuntut orang lain menggunakan standar-standar nilai, keyakinan, atau moralitas sesuai dengan standar-standar yang Anda pegang. Orang lain memiliki standar sendiri yang dapat berbeda dengan Anda. Orang lain juga memiliki karakteristik kepribadian yang berbeda dengan Anda. Perbedaan-perbedaan itu mesti kita terima, sama seperti yang Anda inginkan agar orang lain menerima Anda walaupun Anda berbeda dengan orang lain itu. Tidak jarang meskipun orang lain memiliki standar yang sama dengan standar Anda, ia mengungkapkannya dengan cara yang berbeda dengan cara Anda.
  • Jadilah orang yang pandai bersyukur kepada Allah SWT. Jika demikian, maka Anda akan mampu menghargai setiap karunia Allah yang jumlahnya tidak terbatas dan melimpah. Bersyukur bahwa Anda dapat menghirup udara segar di pagi hari, memiliki uang untuk ke warnet, atau bergandengan tangan dengan sahabat saat window shopping ke pertokoan, kafe, dan ke pantai. Orang yang pandai bersyukur akan menjadi sabar dan tidak mudah digoda untuk cepat menjadi emosional. Orang yang pandai bersyukur juga akan memancarkan wajah ceria kepada dunia dan segala isinya. Kalau sudah demikian, semua makhluk di dunia juga akan tersenyum ceria menyambut Anda bagaikan raja!
  • Berpikirlah lebih positif hari ini dibandingkan kemarin. Hari ini Anda minum teh yang rasanya kurang manis dan kurang panas. Mungkin pacar Anda yang membuatkannya sedang lupa memberikan gula yang cukup pada cangkir teh Anda (wah…enaknya ya, punya pacar yang mau membikinkan teh). Dapat juga Anda cipratan air bekas hujan tadi malam sewaktu Anda berjalan menuju kantor. Pikirkanlah bahwa mungkin mobil yang menciprati Anda tadi sedang terburu-buru karena ibu sang sopir sedang koma di rumah sakit. Atau, bisa juga suatu saat Anda bermobil dan melakukan hal yang sama kepada orang lain. Mungkin juga Anda hari ini membuatkan teh kepada sang pujaan hati, tetapi tidak diminum. Berpikirlah bahwa mungkin ia baru saja minum banyak di rumahnya sehingga kalau minum teh di rumah Anda ia akan menjadi kembung perutnya. Siapa yang rela punya pacar perutnya kembung?!
  • Percayalah bahwa kesabaran akan membuahkan hasil yang manis kalau tidak sekarang nanti Anda akan menikmatinya. Sebagian besar kenikmatan, kebahagiaan, kemuliaan merupakan proses. Dalam proses itu memerlukan kesabaran dan ketelatenan. Tidak pernah buah durian tiba-tiba matang tanpa melalui tumbuh, berbunga, dan berbuah. ojo grusa-grusu atau jangan terburu-buru karena nafsu yang menggebu. Kehebatan bukan terletak pada kecepatan untuk mengayunkan langkah, melainkan ketepatan membidik sasaran. Ini semua memerlukan proses yang mesti ditunggu dan diusahakan serta didoakan dengan sabar.
  • Mulailah hari ini dengan melakukan perbuatan atau tugas dengan ikhlas. Ikhlas adalah perasaan untuk tidak berharap imbalan semata terhadap perbuatan kita kepada orang lain. Jika Anda kemarin-kemarin belum ikhlas dengan sepenuh hati, jangan berkecil hati. Hari ini mungkin Anda masih memiliki kesempatan untuk melakukannya dengan lebih ikhlas. Ada orang yang mengatakan, ah! Ikhlas itu hanya mudah diucapkan, tetapi sukar untuk dijalankan! Jangan mudah terprovokasi dengan perkataan demikian. Sesungguhnyalah orang yang mengatakan hal itu sedang tidak berusaha untuk berbuat ikhlas. Biarkanlah kalau orang lain berbuat demikian, asal jangan kita. Memang perlu sedikit pengorbanan untuk bersikap ikhlas atau tulus. Cara untuk berlatih, misalnya, berikanlah makan pada kucing liar di sekitar rumah Anda. Atau, pungutlah sampah di jalan di depan rumah Anda lalu buang di tong sampah Anda sendiri. Bisa juga Anda berhenti sejenak dari langkah Anda yang terburu-buru ke tempat tujuan dan mengatakan kepada satpam, “Terima kasih, bapak.” Lalu Anda boleh melangkah lagi. Ada sejuta perbuatan yang dapat kita mulai untuk melatih keikhlasan perbuatan kita.
  • Mulailah hidup Anda hari ini pada saat bangun tidur dengan niat bergembira dan praktikkan dengan tersenyum di cermin kamar Anda, seraya mengatakan “Hari ini saya harus menebarkan senyum kepada 20 orang.” Senyum adalah bahasa universal yang dimengerti seluruh umat manusia di dunia bahwa Anda orang yang ramah dan sedang menyemai kebaikan dan kerendahan hati. Senyum Anda akan menjalar dan menularkan virus akal budi kepada semua orang. Orang yang membalas senyum Anda niscaya akan melindungi Anda, merengkuh Anda ke dalam daftar orang-orang yang akan menjadi sahabatnya. Alangkah indahnya!
  • Saat Anda mengakhiri hari ini dengan beranjak ke peraduan untuk beristirah, tutuplah hari ini dengan doa bahwa Anda berterima kasih telah menikmati hari yang indah tiada taranya sambil memohon kepada Tuhan berikanlah hari esok yang lebih ceria karena Anda penebar keceriaan itu.

Saya juga akan pamit menutup postingan ini seraya berharap semoga Anda lebih ceria daripada yang dapat saya bayangkan dan berkomat-kamit, “Janganlah hatimu mudah terluka….”

Salam hangat, salam sayang…emmmuakh…emmuakhhhhhhhh….Tolong hitung lagi berapa huruf “h” pada kalimat ini. Tentu saja sambil TERSENYUM, kayak gini:mrgreen: *Ngaciiiir…*

66 responses to “REFLEKSI: Obat Hati

  1. yah emang harus selalu sabar dan iklas tapi itu memang mudah di ucapkan namun susah di jalankan
    betul juga hahaha
    trus ngitung huruf h kalo ketemu hadiahnya apa hayooo

    Hejis: kalau betul, hadiahnya senyum saya yang paling manis saya berikan, mas Tok. Sekaligus 3 buah! He..he..

  2. wagh…postingan yg bagus…
    ada banyak pelajaran mengenai sikap bersabar dan ikhlas yang terkandung disini….luar biasa sobat…

    kepekaan terhadap sesama dan cinta kasih yang perlu Qta terapkan dlam kehidupan, dan membantu sesama serta tak lupa bersyukur

    Seandainya semua org mau mencoba untuk menerapkan hal ini, mungkin bangsa ini akan jauh lebih baik dr yg sekarang, solidaritas dan kaum individualias mungkin semakin langka…

    semangat

    Hejis: semoga begitu ya mbak Sarah. Terima kasih, semangat!

  3. alangkah indahnya jika semua manusia menerapkan konsep ini. tak ada problem yang berat

    Hejis: ya alangkah indahnya ya mas Narno.

  4. jadi ingat percakapan dengan temanku:

    “pren untuk apa kamu hidup?”

    “untuk merokok” ………………….

    Hejis: mungkin prennya mbak Icha penganut nihilisme ya..he..he..

  5. artikel yg luar biasa, sungguh..
    pengimplementasian “hakikat hidup ini adalah mencari kemuliaan” bisa menjadi ratusan lembar kertas kalo di diskusikan. dan mas heru membuatnya menjadi 1 halaman artikel. salut. keep cool my bro!:mrgreen:

    Hejis: he..he.. sedang belajar agak serius dikiiiit, mas Deni. Thanks a lot, my bro!:mrgreen:

  6. 🙂 Postingan berkelas… edukatif banget…
    Dan saya sangat menyukai brainstorming di awal postingan ini…

    “Untuk apakah kita hidup didunia ini?”

    Umm… saya menjawabnya dengan mengutip yang disampaikan Pak Mario Teguh aja lah…

    “Hidupku untuk memenangkan mu”

    Sedikit penjelasan tentang maksudnya :

    mu atau kamu disini adalah orang lain. Orang lain adalah diluar diri kita, maka mari kita urut siapa saja disekeliling kita yang akan kita menangkan dengan hidup yang kita miliki.

    Pasangan kita (istri / suami) adalah pelengkap hidup. Suami adalah pakaian istri dan istri adalah pakaian suami. Saya ada untuk memenangkan pasangan saya, kebahagiaannya adalah kesenangan saya, tangisnya adalah sedih saya. Maka saya akan berjalan disampingnya agar ia menang.

    Anak saya adalah titipan masa depannya. Maka saya hadir untuk memenangkannya. Saya jadikan dia anak panah yang saya lepas dari busurnya.

    Begitu juga seorang pemimpin yang harus memenangkan (memakmurkan) rakyatnya, dll lain – lain makna yang lebih luas lagi.

    Gitu mas Hejis, trims. Sekali lagi, postingan berkelas.

    Hejis: Wah jadi tersanjung bahkan diberi tambahan untaian kata yang lebih bernas dan manis. Terima kasih mas Rizal.😀

  7. kalo aku bilang ini essay yang kuat banget,
    dan teteeeeeeeeep… bisa bikin orang senyum akhirnya!!

    ini bakat kali ya mas,
    keep it up,
    moga makin banyak lagi yang senyum membaca tulisan mas….

    powerful
    ^^

    Hejis: ha..ha.. (ups! senyum gak boleh berbunyi ya, mbak?). Kata psikolog jangan sering2 ngomong bakat, nanti orang malas belajar! He..he.. Thanks ya. GBU.

  8. he…yang tyan inget cuma liburrrrrr panjangggggggggg….
    Met libur….🙂

    Hejis: wadoh, ini sudah ngempet pengen libur berbulan yang lalu, sekarang jadi kenyataan ya..ha..ha.. Ya deh met libur, semoga menyenangkan.😀

  9. Menurut Benjamin Franklin : “Salah satu kunci hidup bahagia adalah Jangan tidur terlalu malam dan bangunlah lebih pagi”.

    Menurut kakak mentor saya dulu: “Hidup bahagaia adalah bila kita bisa semakin mendekatkan ruh kita dengan fisik kita, sehingga apa yang diperbuat fisik kita adalah cerminan ruh kita”

    Nah kalo menurut saya gimana ya…ha..ha..ha.. susah… menurut saya “Hidup bahagia itu indikasinya bila kita merasa hati ini jadi seluas samudra dan langit…serasa tak berbatas” tapi kan hati manusia itu berbolak-balik… wah… yang penting selamat dunia akhirat ajah deh..hik..hik..hik… kebahagiaan itu hanya ada di akhirat kayaknya Pak.

    Soal cara mengobati hati yang luka spt di atas menurut saya yang paling sulit itu no. 2 Pak, karena saya biasa meletakkan standart agama bahkan untuk menilai orang lain — akhirnya saya sama ratakan sesuai standart agama saja. Pabila berteman dengan yang berlainan agama saya menganutnya tetep standart agama tentang berbuat baik terhadap non muslim. Mindsetnya agak susah diubah kalo soal ini Pak. Dulu saya pernah mengkritik Bapak saya lewat sebuah tulisan yang saya letakkan dalam buku beliau tentang kesabaran… saya tulis begini “Tuhan menyukai orang-orang yang bersabar” waktu itu bapak sedang perang dingin dengan ibu.. kalo saya inget jadi ketawa nih Pak…. (anak yang sok nih, ngajarin bapaknya ha..ha..ha…)

    Hejis: ya ya mbak Is. Kalau saya setuju dengan pendapat mbak Is boleh kan? Unik juga cara mbak Is “menegur” komandan yang sedang konflik… Thanks mbak.

  10. pic ceweknya cantik ya,heheheh.

    Hejis: kalau naksir boleh kok. Bungkusss…! Ha..ha..

  11. Iya pak, hakikat hidup tiap-tiap orang tidaklah sama. Tapi mungkin bisa ditarik benang merahnya …..pasti ada hal yang sama yang ingin diraih setiap orang. Kira-kira apa ya pak…
    apakah orang akan kembali kepada keluarga yang mencintainya, ataukah kedekatan pada pencipta-Nya yang sama ingin diraih semua orang ya pak….

    Hejis: ya, ya mbak Noeng. Selain itu, kemuliaan di dunia dan akhirat…

  12. Ya ya ya!!!… let it flow ajah, dengan tetap pada pendirian kita…bahwa besok kita akan berhasil. Semuanya di awali dengan hari ini. Urusan mengurus hati, manusia punya hati yang berbeda….hati ini peka banget terhadap apapun yang di temukan disekitar kita…Hati adalah pusat kebaikan dan kejahatan. Hati adalah ibarat Raja yang punya hak veto dalam memerintah seluruh anggota jasmani untuk berbuat baik atau jahat. Oleh karena itu bersihkanlah ia, beningkanlah dari segala kotoran, isilah dengan sifat-sifat yang baik agar ia tetap terang benderang. bersinar dan bercahaya serta mudahnya berbalik terus dalam kebaikan dan taqwa.

    Hejis: Betul, Pakde. Hati kadang2 kotor. Jadi perlu dibeningkan!

  13. Yang menentukan kita dipandang baik atau buruk….diawali dari hati semuanya…Semoga kita dapat mengisi dan membeningkan hati dengan cara-cara yang sudah mas disebutkan….amiiiiiiiiiiiiin

    Hejis: yang penting tambah hari, tambah baik hati kita. Begitu Pakde? Amiiiin.😀

  14. Pelajaran kemuliaan hidup … mau coba ach dari bangun tidur …. peraduan. Ada sebagian dari waktu setiap hari yang memerlukan obat dan pengobatan oleh diri sendiri, yang terkadang berasal dari bantuan orang lain … agar hati mendapat asupan yang sehat.

    Hejis: kira2 semacam gizi hati, begitu ya mas…😀

  15. Aa Gym : Jagalah hati jangan kau nodai…….. jagalah hati jangan kau sakiti………. Tullll ggaaakkk???

    Hejis: jangan aku kau nodai mbak Ika..he..he..
    Betuuuuul bangetz!:mrgreen:

  16. Artikel yang menggugah hati mas..
    Jadi seperti ngaca ma diri sendiri..
    Dulu sekali sie termasuk org yang negatif thinking sama kebaikan orang lain,jadi sensitif,introvert, over protective sama diri sendiri..
    Karena takut dilukai..
    Lambat laun sie nyadar kalau hal hal spt itu gak akan buat hidup sie bahagia..

    Perlahan sie mulai mengubah cara memandang hidup dari sisi yang lebih positif setiap saat setiap waktu sie yakinkan kalau semua akan baik baik saja..belajar menerima rasa sakit dengan ikhlas..meski terkadang masih susah xixi..tapi semua gak bisa instan kan?

    Semua ada tahapnya untuk mencapai keikhlasan itu. yang penting masih punya semangat untuk terus belajar menata dan menjaga hati supaya bisa bahagia lahir bathin, dunia akherat Amiin..

    Hejis: belajar kudu sabar ya mbak. Kadang sakit, kadang perih. Kadang juga susah. Yang penting paham bahwa semua itu perlu proses. Akur mbak Sie, akur 100% dan dijamin halal.😀

  17. Pasangan hidup sebesar dan sebanyak2nya….. pasalah baca yaa (sembari memicing-buka mata takut salah baca hehehe)… lanjut baca…
    hihih…. anak mertuanya itu loh….
    Empati, tidak nuntut, pandai bersyukur, berfikir positif, kesaparan membuahkan hasil, ikhlas, gembira, juga istirahat (diprlukan)hehe…. ini point penting yang harus dimiliki sebagai senjata untuk menyerang si hati yang mudah terluka….. Iya, iyaa paham…😀

    Hejis: huaha..ha.. napa mesti kalimat itu yang disorot?! Maksudku ada orang yang pengen pasangan yang bodynya gede dan pengen dapet banyak..he..he.. Pinter, pinter. Anak siapa sih ini? He..he..

  18. Postingan yang luar biasa maknanya, saya sampe dua kali mengulangi membacanya…

    Hejis: Selamat datang, mas. Terima kasih. Hanya mengingatkan diri kembali agar hati tak mudah retak… Salam hangat.😀

  19. Kenapa ga mempertimbangkan karir sebagai seorang Ustadz, Pak ?

    Hejis: he..he.. gak cocok mas Randu karena terlalu cengengesan! Apalagi nyaingi sampeyan, Mas Randu. Mana brani…😀

  20. Saya hanya mencoba memahami, bahwa apa yang ditawarkan dunia tak selamanya tawa dan bahagia, kesedihan, perpisahan,l uka , air mata dan kepergian juga akan menghiasi lukisan kehidupan.

    Berpikir positif dari setiap peristiwa, aku yakin dibalik semua itu ada hikmah dan pelajran yang dapat kita petik.

    Dan aku butuh sahabat, saudara dan orang tua, supaya aku dapat menerima, merasakan dan memberi begitu banyak hikmah, kebahagian dan senyuman.

    Thanks…Mas Hejis, selalu mengingatkanku dalam postingan-postinganmu yang penuh renungan teduh dan bijaksana!😀

    Hejis: Terima kasih mbak Lina, tapi jangan sedih ya…cup…cup… Ha..ha.. guyon dikit ya…😀

  21. Bermanfaat…
    Tips yang bagus,

    Hejis: Terima kasih, pak.
    Ngomong2, mana tips buat saya…he..he..
    *tangan nyadong nunggu persenan..*

  22. saya ko telat terus sih baca tulisane mas HEru? padahal saya update terus lho
    *binun..binun..leng geleng geleng*

    ho’oh mase, betul sekali… hati yang mudah terluka itu serba ga nyaman ngapa2in, dimasak jg ga enak walo udah pake bumbu paling lengkap sekalipun..

    just like me, im very silly introvert. krn saya merasa ga ada seorangpun didunia ini yang mengerti saya. saya takut dilukai, krn terlalu sering dilukai. saya ga percaya persahabatan, krn saya sering dihianati.
    tapi, saya terus mencoba..

    mencoba..
    untuk lebih terbuka dalam pikiran (apa ya istilahnya? open mind? betuul?? hehehe)
    mencoba mentransposisi, gimana kalo mereka ada diposisi saya dan saya menjadi mereka. bagaimana saya menghadapi orang2 yg spt saya. intinya, ga ada manusia sempurna didunia ini. mencoba menerima kekurangan dan kelebihan orang lain dengan lapang dada, legowo, nerimo dan tulus.

    mencoba untuk sekedar menjadi orang yang sedikit extrovert dengan menulis! ya menulis! dengan menulis, saya bs mencurahkan apa saja yg ada dipikiran saya, apa yang mengganjal di hati saya selain jantung dan tulang-tulang saya, mencoba merefleksikan dan merepresentasikan apa2 saja yang saya lihat, apa yang saya pikirkan dan apa yang saya rasakan. (bukan apa yg saya dengar loh ya, nanti timbul gosip hehehe).

    ko komen saya jadi panjang x lebar begini ya mas?? hahaha
    MERDEKAA!!!

    Hejis: ya, ya mba’e. Bagus itu usaha untuk mengurangi silly introvertmu. Gak boleh gitu lagi
    *padahal aku juga introvert..he..he..*
    Baguslah kalau mba’e menulis dan menulis. Itu pahala. Orang lain bisa belajar.
    open mind itu nulisnya salah. Seharusnya open mine..hi..hi..

  23. oia, satu lagi..
    mas, kenapa itu gambarnya cewek ya?? hehehehe

    Hejis: ya karena supaya teman2 tahu kalau dia anuku..

  24. tuhan,aku masih belum siap untuk menutup usiaku..jadikan usiaku ini bermanfaat yang selalu engkau rahmati amiin

    Hejis: amiiiin, mbak Yanti.

  25. jadi jangan biarkan aku selalu terluka hati nya …amin
    *lebih baik sakit gigio dari pada sakit hati* bukan begitu pak heru?

    Hejis: lebih baik tidak sakit gigi juga..he..he..

  26. bagus mas tulisannya….
    ini baru namanya pencerahan….. hehehe
    pasti bermanfaat untuk kita kelak……🙂

    Hejis: terima kasih, mas Han. Amin, amin… Oya, PRnya belum tersentuh tuh, nanti deh setelah tetek-bengek diselesaikan. Saya tersanjung kok dikasih award dari mas Han. Terima kasih..😀

  27. Saya suka sekali membaca tulisan anda….
    .:smile:
    Terimakasih telah berkunjung ke gubuk saya…..

    Semoga tulisan anda bermanfaat untuk para pembaca….

    Hejis: alhamdulillah jika mbak seneng sekali membacanya. Terima kasih kembali. Amin, amin.😀

    Salam damai penuh cinta di dalam rahmat dan ridho_Nya

  28. Selalu bersyukur dan selalu ikhlas sangat penting dalam menjalani hidup..

    Bagus sekali postingan bapak

    aku dah pindah rumah pak, berkunjunglah ke rumahku yg baru ya Pak..
    http://radesya.com

    Hejis: ya, mbak Ra. Terima kasih. Rumah barunya sudah saya sambangi, bagus lho. Semoga tambah bergairah ya… Salam hangat.😀

  29. tapi sekali2 rapuh,sedih,negatif thinking dan teman2nya..juga bagian dari sisi manusia,bukan.. harmony hidup..asal jgn sering2 kali ya..hehe..makasih dah mampir ya..

    Hejis: tentu, tentu kita sesekali rapuh, sedih, negatif thinking. Manusiawi. Betul jangan sering2. Dengan memiliki perasaan itu sesekali menjadi kita mampu menghargai kebahagiaan. Terima kasih kembali, teh Yayan; mata hatiku-matahariku..he..he..😀

  30. Bahasan bagus Pak ai. Semakin kecanduan bertandang ke blog bagus ini. Pie kabare Mas? Mugi apik-apik ae. Salam dari Kalimantan.

    Hejis: he..he..bisa aja si uda ini. Apik-apik wae. Terima kasih, salam kembali juga untuk keluarga…😀

  31. keknya serius buanget ya, tapi gag juga sih, komentnya pada cengengesan🙂

    Timbangannya pas tenan jee…,
    gag di kurangi kalo ditambahin itupun bonus.

    Tombo ati akhir taun. matur suwun pak.

    Hejis: timbangannya pas? Wadoh, tersanjung kayak pedagang beras yang nimbangnya pas. Ada bonus lagi. Matur suwun juga ya mas. Salam hangat.😀

  32. kali ini agak serius:mrgreen:

    Hejis: iya, mas. Padahal ngempet ketawa…he..he..😀

  33. Ping-balik: Ibsn: menjadi tukang kompor yang « to live to love to leave legacy

  34. Wah…gw dapet ilmu lagi dari Mas Hejis…
    Makasih Mas.., postingan anda bermanfaat bagi saya..

    Hejis: alhamdulillah kalau mas Tuyi dapat mengambil manfaatnya. Terima kasih dan Salam hangat ya..😀

  35. “Mulailah hidup Anda hari ini pada saat bangun tidur dengan niat bergembira dan praktikkan dengan tersenyum di cermin kamar Anda….”
    Sudah sering aku lakukan,mas.
    tapi,cermin kadang banyak menipu wajahku,hehehe…
    wajah yg telah usang disisa usia.
    wajah yg kini hanya sepenggal kisah,haha…
    ( sory kalau komenya rada gak nyambung.)

    Selamat Tahun Baru.
    salamku.

    Hejis: ah, mas Langit ini. Wajah njenengan itu cuakepph! Lihat lagi di cermin. Betul, kan? Nyambung-gak nyambung asal komen. Itu sudah bagus..he..he.. Salam hangat. Selamat Natal dan Tahun Baru. Damai di hati damai di bumi…😀

  36. bang………………..
    aku datang memberi semangat serta salam hangat selalu untuk abang

    Hejis: terima kasih, mas Blue. Engkau memang penyemangat sejati… Salam hangat juga😀

  37. Salam hangat bang, luar biasa.
    Sabar, mengerti orang lain lebih banyak, ikhlas dan pancarkan senyuum…

    Hejis: Selamat datang, bang Singal. Terima kasih… semoga abang sehat dan bahagia selalu ..😀

  38. pokona mah, tetep positip thinking.
    dan tetep senyum ya, pak.
    tapi jangan sering senyum-senyum sendiri.:mrgreen:
    nice post.
    salam anget juga deh, buat pak hejis.

    Hejis: ya mbak Fannie. Maksud saya seperti itu. Salam anget lagi ya biar anget terus…he..he..:mrgreen:

  39. yeaaaaaaaahhh semangat ms.. salam hangat jg

    Hejis: yeaaaaaahhhhhhhh *lebih panjang punyaku* Salam semangat dan anget, mbak, matahatiku-matahariku..he..he..😀

  40. Ngunjung lagi nih..enak kayaknya disini. Soalnya saya lagi senang. Tadi di Mol saya ketemu orang cakep banget. Kaya artis. Saya dekati mau kenalan. eh, ternyata kaca…

    Hejis: Hwaha..kak..kak… Alhamdulillah, bersyukurlah dengan wajah yang cantik itu sampeyan bisa cari duit, apalagi kalau malam hari…wakak..kak..kak…..:mrgreen:

  41. bang……..
    met akhi pekan ya
    selamat malam serta salam hangat selalu

    Hejis: ya, mas Blue….
    Terima kasih. Met akhir pekan juga ya. Semoga liburan yang menyenangkan. Salam hangat😀

  42. dan saya kasih senyum manis buat pak hejis… heheh…
    artikel yang bagus pak.. banget!
    *ssstt…. saya save yak?

    Hejis: … dan saya pun membawa ember tuk menampung senyumanmu yang sungguh manis, mbak V…hihiy.. Terima kasih ya.
    “ssssstt… jangan keras2 nanti yang lain pengen juga… Silakan..”😀

  43. saya ikut kidung jingga kasih senyum buat pak hejis…hehe..
    jujur lom baca semua, tapi photo ceweknya cakep. haiyah🙂

    aku print aja deh, boleh tho?

    met libur puanjaaang pak😛

    Hejis: Terima kasih senyumnya ya..he..he.. Iya silakan kalau mau diprint. Selamat liburan juga, semoga liburan yang menyenangkan…😀

  44. Selamat Tahun Baru ya pak…
    Ceria selalu, sehat dan sukses….

    Hejis: Selamat Tahun Baru juga, mbak Noeng. Terima kasih doanya. Doa dari orang yang tulus selalu powerful. Semoga di tahun mendatang mbak kian bertambah sukses, sehat, dan bahagia. Amiin. Salam hangat😀

  45. Selamat Menempuh Tahun Baru, Moga awet hingga kakek nenek…

  46. Artikel yang sangat menarik ANda… Gaya bahasa Anda menunjukkan kejeniusan Anda dalam memaparkan sebuah cerita menjadi enak dibaca……
    Tetap menulis ya Pak……

    Suatu hari mau menghapus email yang ada di folder spam… Sebelum saya hapus semua, iseng-iseng saya baca sebuah email yang me”link” saya ke asiabersama.com….. Saya baca & analisa secara seksama…. ehhhmmmmm akhirnya saya ikuti semua prosedur yang ditawarkan…

    Selanjutnya saya mempunyai “pekerjaan” baru, yaitu mempromosikan program tersebut ke semua teman bahkan ke orang yang tidak saya kenal, termasuk Anda yang membaca blog saya ini…

    Beragam pendapat muncul… dari yang “no comment, setuju dan akhirnya ikutan sampai dengan yang berpendapat sangat KERAS mengHaramkan program ini….

    Awalnya saya berat sekali mempromosikan program ini ke temen” dekat saya, saya takut mereka mencibir saya karena ikutan program yang (pada awalnya pun saya anggap bodoh) kurang di response positif bagi sebagian besar orang…. Namun demikian saya tetap mencoba, dan dari berbagai pendapat yang ada, pendapat salah satu teman saya sangat mengena, yaitu ” ya udah kalo lu yakin jalanin aja, biar enteng pikiran lu, anggep aja lu amal, gak usah lu inget lagi jadi gak ngeberatin pikiran lu….”

    Pendapat yang tepat dalam menyikapi program ini…

    Oya…. mengenai komentar yg bilang bagaimana dengan orang yang jadi member paling akhir, kasihan donksss mereka gak dapat member…. jawaban akan pertanyaan ini, saya akan jadi member dia lagi.. bukankah pada titik tertentu (4 kali duplikasi, orang pada level 4 akan keluar secara otomatis dari program ini) TIDAK ADA STAGNANT POINT…, Harap cermati lagi cara kerja program ini…

    KLIK DI SINI UNTUK INFO LEBIH LANJUT….!!!
    http://www.hibahbca.co.cc

    Demikian, terima kasih….

  47. nice tips. terutama poin 2🙂

    Hejis: Terima kasih, mbak. Salam hangat.😀

  48. Duh Pak Hej emang mantab postingannya, panjang lebar dan berisi, jadi nambah wawasan management perasaan..

    Tnx Pak Hej

    Hejis: terima kasih mas Sige. Salam hangat ya…😀

  49. Betul sekali mas hejis, bahwa kita harus bersyukur,positif thinking, sabar dan ikhlas, seperti ada artikelku keikhlasan hidup dan hati, sukses deh buat mas hejis… oh ya met tahun baru ya…

    Hejis: ya, mbak Yuni betul. Selamat tahun baru juga. Semoga mbak Yuni sukses ya…😀

  50. Thanx tipsnya

    Hejis: ya sama2 mas. Salam hangat.😀

  51. Sudah kembali ya ,Mas hejis.

    Rupanya istirahat buat dan ngecat rumah baru🙂

    Hejis:
    Ya, mbak Lina. Themenya ganti soalnya yang kemarin ada gangguan. Kalau dibuka sebentar-sebentar hilang. Salam anget banget, mbak…😀

  52. Arigatou!

    Hejis:
    ありがとうございました小沢訪問を逃す。あなたはいい体をしてラッキー。誰かを崇拝する人は多い。私も。サラム屋暖かい。この日本語言語ですみません。私はまだ勉強に新しいです。 Thank you for visiting my blog, miss Ozawa. Cheers…😀

  53. Ping-balik: AWARDS FOR MATT MULLENWEG AND MARIA OZAWA «

  54. Ruaaaaaarrrr biasa 4 tumbs for u….:D

  55. Alhamdullillah, dapat wejangan lagi dari blog ini. Terima kasih banyak yach Mas Heru, saya dapat oleh-oleh ilmu dan wawasan yang banyak sekali setiap kali berkunjung kemari. Semoga dimasa mendatang kita semua jadi manusia-manusia yang makin pandai bersyukur atas segala nikmat dari NYA.
    Best regard,
    Bintang

    Hejis:
    Alhamdulillah, mbak kalau begitu. Semoga bermanfaat ya dalam belajar bersama ini. Terima kasih dan salam hangat, mbak Linda.😀

  56. good idea…. heheeee sukses terus yaaaa….

  57. DEWI>> Tengkyuh… sukses jg buatmu yaaaaaa… heheheh…

  58. Selamat tahun baru 2010 untuk Pak Hej ,
    Semangat baru, postingan baru dan sukses selalu

  59. thanks ya buat semangatnya..

  60. Ping-balik: Artik3L qu3 « death race

  61. shilcia taufik

    gimana caranya menyatukan keluarga bsrnx yang sedang bertikai agar berdami kembali?bila trjdnx silih paham n tdk sepaham apa yg hrs ci lkkn bl itu trjadi pd klrg bsrnx ci yg sdng bertiakai?

  62. kereeeeeeeeeeeeennnn..
    mksih bnget mas

  63. Naena ar-Roihan

    Wonderful…..Amazing….Spectacular…..!
    And,,,Wow !! Great !!
    Trimakasih atas smua saran / kata2 yg telah mas Hejis tulis diatas.
    Itu merupakan motivasi yg indah buat sya.😀

  64. y..ada darah baru…kekutan baru,jadi inspirasi…agar lebih kuat…jalani hidup..he…he…

  65. jadi cepet galau deh kalau gampang terluka hati nya😛

  66. jagalah hati, jangan kau lukai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s