Lanjutan: Ide Itu Kadang-Kadang Liar


Lanjutan dari Beranda Utama……………………..

Benar lho ide itu seperti tidak mampu diatur. Sering kita ingin sekali punya ide, yang bagus, misalnya ia tidak mau muncul. Sering saking jengkelnya jidat ini dibentur-benturkan ke tembok biar idenya muncrat keluar. Jangankan keluar, ia malah ngumpet. Malah bisa-bisa jidatnya benjut-benjut tetapi ide gak muncul juga. Repot kan?

Tempo-tempo, tak ada angin tak ada badai, ide itu mak njengunguk muncul. Sudah munculnya tak diundang, aneh pula. Nah yang aneh-aneh itu konon menurut ahli ilmu perotakan (neuroscience) letaknya ada di bagian otak bawah sadar. Para ahli berbeda pendapat dalam hal ini. Ada yang mengatakan bahwa otak bawah sadar ini berisi informasi-informasi yang tidak jelas seperti mimpi. Ada pula ahli yang menyatakan bahwa sebagian besar informasi yang ada di bagian ini merupakan informasi yang hebat. Jika kita bisa menggalinya maka kita akan menjadi orang hebat. Nah, itu menurut para ahli yang selalu bertengkar.

Menurut Anda sendiri bagaimana? Apa pun pendapat Anda, itulah ide Anda mengenai otak bawah sadar. Mau benar, mau enggak, enggak usah dipikirin ya. Nanti malah tersesat di alam bawah sadar.

Kembali ke ide liar tadi. Lalu bagaimana cara kita menangkap ide liar itu biar menjadi sesuatu yang berwujud dan dapat dinikmati? Bagaimana cara supaya kita tidak kehabisan ide?

Menurut saya sih perlu latihan dan tidak pernah berhenti berpikir. Artinya, kita tiap saat perlu memikirkan apa saja. Contohnya, mengapa manusia punya hidung cuma satu. Mengapa Hejis kok suka makan sate? … he…he… Atau, ini jarang yang memperhatikan, mengapa kucing jantan memiliki buah dada yang banyaknya sama dengan kucing betina? Hayo, siapa yang bisa menjawab akan mendapatkan hadiah voucher! Vouchernya menginap di hotel 7 hari 7 malam bersama kucing garong! Ya, benar! Ternyata kucing jantan juga memiliki buah dada yang jumlahnya 8 buah. Jika kucing betina wajar ya punya buah dada banyak, soalnya dia menyusui anaknya yang jumlahnya banyak. Lhah, coba pikir, buat apa kucing jantan punya sebanyak itu?

Itu merupakan contoh tentang cara agar tidak kehabisan ide. Caranya bertanya dan mempertanyakan. Ayo sekarang praktikkan. Mengapa Anda punya ayah, ibu, suami, istri, pacar, tetangga seperti yang ada sekarang? Mengapa istri Anda bukan Angelina Jolie atau suami Anda bukan Brad Pitt? Ah, jika mau banyak deh bahan yang bisa dijadikan ide.

Cuma ingat, kebanyakan mikir yang aneh-aneh nantinya Anda jadi orang aneh beneran. Lalu anehnya makin bertambah, lalu Anda menjadi gila! Hiiii… gak lah. Jangan khawatir. Mencari ide liar menyenangkan kok. Apalagi mau mempraktikkannya dengan kreatif.

Sekarang giliran Anda. Anda punya ide liar seperti apa saat ini?


KEMBALI KE HALAMAN UTAMA

9 responses to “Lanjutan: Ide Itu Kadang-Kadang Liar

  1. angan2 saya,
    kenapa saya nggak jadi salah satu anaknya pak suharto yg presiden itu. kan lumayan, wong wajah saya ganteng, bisa gebet sana gebet sini. pasti banyak artis2 cantik yg kecantol selain siapa tuh… katerin wilsen *tulisannya gimana ta ?*. kan asik, asik, asiiiiik….

    ngomong2 pak Hejis, kok sempat2nya ngitung buah dadanya kucing itu lho. mbok ngitung yg lain…

    lho ? saya komen nomer satu ta ? hore…horeee….

  2. Ide itu kadang-kadang liar, tapi lebih banyak yang terkerangking dan terkubur, jadinya seakan-akan nggak punya ide dan lebih tersalur yang mengikuti kebiasaan banyak.

  3. jangan pak hejis udah menjelma jadi orang aneh karena kebanyakan mikir yang aneh3 …wehehehehehe

  4. kadang ide2 ku yang keren2 itu keluar ngepasin aku lagi ga sadar mas whahaha…
    kalo lg sadar sk ga punya ide, walopun udah dipaksa2..udah ku jedot2in jidatku diatas tumpukan duit palsu jg idenya ga muncul:mrgreen:

  5. seliar kucing garong ya pak:mrgreen:

  6. Wah, lama nggak berkunjung,
    ada beranda baru,
    saya jadi rada bingung bacanya dari sini kok trus loncat kesana…
    trus kesini lagi trus kesana lagi..
    hihihi… ada-ada aja idenya pak Hejis ini
    seru…🙂

  7. wah korban niy saya, ngeklik yang blogsopt, masuknya kesini. sik sik tak perlajari sik iki sambungane yaopo. terima kasih looo membuat saya binun🙂

    Hejis:
    Itu sengaja dibuat muter-muter mbak, supaya orang berwisata dari blogspot ke wordpress atau sebaliknya..he..he.. Maaph ya kalau membikin binun..😆

  8. Salam Takzim
    Menulis kadang salah
    Singgah kadang tak teratur
    Inginnya melepas salah
    dengan Jarak coba ku Atur

    Minal A’idin Wal Faidzin, mohon maap lahir dan batin
    Batavus menekuk lutut

  9. tergantung…kalo liar yahhh dijinakin…salam kenal he…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s