PUISI

FATWA

Oleh Hejis

naik asap kepalamu mendongak
menatap langit
kepala-kepala lelaki bergelimpangan
terinjak alas kakimu tanpa debu
bocah dan perempuan mengiba-iba
membersihkan sepatu dengan lidah api

mulut membuih
makna di saku busana wangi
kuasa sudah menyublim
bocah dan perempuan
mengais-ngais di ceceran ludahmu

*****

65 responses to “PUISI

  1. aku tak kuasa “mengobok – obok” fatwa ini pak

    endapan hati yang paling dalam bersatu dalam empati diri

  2. Baru tahu saya bahwa membersihkan sepatu itu bisa juga dg lidah api. Hehe..

  3. bocah dan perempuan mengiba-iba
    membersihkan sepatu dengan lidah api

    wow! ini mantap sekali!

  4. wew, sangat mantap dan empati…

  5. wow
    mantabisme (^_^)V

  6. Ass.

    Fatwa … mulut membuih menyembunyikan makna di saku biarkan kepala-kepala lelaki bergelimpangan … mengais-ngais di ceceran ludah yang mengering dijilati lidah api.

  7. pasti ini tentang anu kan ?
    si anu mbok ya jangan dianu, kalau anu kan anu jadinya…

  8. asli bahasanya tinggi banget๐Ÿ™‚

  9. mo komen aja jadi bingung๐Ÿ™‚

  10. maap hatricknya gak mutu๐Ÿ˜›

  11. hmm,,
    bagus,,
    mantep,,
    tapi mayan bingung juga,,hhe,,

  12. kuterima fatwa ini tanpa protes tanpa pertanyaan

  13. Terkadang mmg kita brbuat bkn brdasarkan kata hati, tp lbh kpd mnurut suara yg lain.

  14. kalau bang langitjiwa saja sudah bilang mantap apalagi si blue yang bilang mantap bangettttttt
    oya, aku suka comand abang di bang achoey barusan…….so nice banget hehe…..
    salam hangat selalu

  15. wiw…keren euy… aQ suka puisinya..ternyata hejis mmg blogger berbakat di segala bidang… Two Thumbs..๐Ÿ™‚

  16. hmm … penuh makna …

  17. puisi yang bagus mas.. mirip chairil anwar dech..๐Ÿ™‚

    salam silaturahim..๐Ÿ˜‰

  18. Waduh…baru kali ini Bendol tau bang Hejis berpuisi….

  19. keren, maknanye hebat,, keren…๐Ÿ˜€
    i uph dis…

  20. Salam kenal ya mas…
    Btw puisinya bagus..๐Ÿ˜‰

  21. sekali bikin puisi, bikin kaget juga, luar biasa. Mas mentorin lagi dong tulisan saya…

  22. Kok aku jadi terkelu membacanya…

  23. Puisi dengan makna sosial yang universal…

  24. Entah mengapa…, ketika membaca puisi tersebut yang terbayang adalah gegap gempitanya para caleg dan capres yang berkampanye…

  25. tingkat tinggi nich….
    keren euy…๐Ÿ™‚

    emmm… jangan penuhi mulut dengan buih dan busa…

  26. Aku jadi sedih pak…

  27. Saya merasa ada kebencian didalam puisi ini yah.. semoga saya salah๐Ÿ™‚

    ada apa mas? duduklah disamping saya dan ceritalah …

  28. Mantap..!! Dahsyat banget sih puisinya ?
    Coba aku bisa buat puisi sedahsyat itu yach ?
    *ngiri mode on*

  29. baru pertama berkunjung ke blog ini..
    aku suka kucingnya hehhehehe……
    jadi ketawa..kwakakwkakaw..
    ——————————————
    mong ngomong kucing SIAFA ya??
    SIAFA lagi kalo bukan kucing..bla..bla..bla..bla..๐Ÿ™‚
    ——————————————

  30. cie si bapak kembali lagi sang pujangga cintaaa

  31. umpatan yg maniiiz..heuheu
    th tuh np..kok gegabah ya..asal bgt deh

  32. gak nyangka gak nyangka…….. bisa juga jadi kahlil gibran……….

  33. Kau terlalu hebat sobat
    Hingga aku harus dengar keras mencoba memahami puisimu๐Ÿ™‚

  34. hah?? *kaget, cercengang*

  35. keren mas… aku harus baca berulang2 nih mas biar ngerti:mrgreen:

  36. aku ga mw ngais2 di bekas ludah orang mas T_T

  37. mas, ini fatwa MUI ttg merokok diharamkan ya mas? *dudul mode on*:mrgreen:

  38. gini niy kalo dosen bikin puisi. interpretasinya jadi rumit. kurangin dikit atuh tingkat kesulitannya..

  39. semoga sehat terus ya mas..

  40. puisinya bagoez,hehehe

  41. wwah nyaingin mas langit jiwa neh๐Ÿ˜€

  42. pak bapake…selamat…BLOG anda sudah terdaftar di blog saya alhamdulilah sudah ada nama pak hejis di blog saya sekarang kita resmi berkawan ya pak๐Ÿ˜€

  43. weeheheheheh…..melok melok njungkel njungkel…๐Ÿ˜€

  44. sip!

  45. waduh…bahasa tingkat tinggi, saya kok ngak terlalu memahami…ajarin dong nulis yang begini

    *memelas mode on*

    apakah ada nada tak puas, marah, benci disana?

  46. mas hejis lagi gundah yah…. ???

  47. pak akhire aku ke laut azov juga lho… gara2 membaca ulang surat dari kakanda๐Ÿ˜€

  48. Ga’ nyangka Mas Hejis bisa berpuisi juga ya…?
    muantap mas puisinya…

  49. abis liat kampanye dimana, Kang? hehehhehehe

  50. halo-halo… gimana kabarnya๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

  51. Hem, kok perasaan saya jadi terharu banget nich Mas Heru, krn saya membayangkan kalau jadi perempuan dan bocah itu yang mengais -ngais, duch seperti nasib anak negeri ini….
    (Mas penafsiran saya keliru nggak, hehehe…)
    best regard,
    Bintang

  52. pokoknya abang harus selalu menampilan sisi e sastraannya kembali o
    salam hanat selalu

  53. agak binun nranslet nya nih pak. ntar bikin postingan buat aritnya ya pak.๐Ÿ˜€

  54. Fatwa di balik puisi, Keren mas!!!

  55. sumpah, keren abis.
    *garuk-garuk kepala*

  56. Manteb ,tapi apa artinya ya??? ๐Ÿ˜€

  57. Dalem banget kata-katanya, Artinya apa ya??๐Ÿ˜€

  58. blue datang bang meski malam dan hujan turun…salam hangat selalu

    Hejis:
    Slmt datang, sobat. Saya senang dan bikinkan kopi meskipun ngantuk…๐Ÿ™‚

  59. bagus banget puisinya…yang komen diatas juga pada pinter2 mengapresiasikannya sesuai dengan sudut pandang masing2…
    sekalinya bikin puisi langsung maknyuss *lho itu kan pak Bondan..*

  60. bang.
    saya sang penulis bluethunderheart minta maaf jika segala potingan blue ada yang bikin abang marah
    aku tak mengerti bang
    knapa separah ini
    kita masih bisa di fb kan

    Hejis:
    Saya kira mas Blue gak punya salah pd saya ya. Baiklah saling memaafkan aja ya. Semoga nanti baik2 saja.

  61. bang disini abang boleh jadi diri sendiri
    tak seperti di blue yang jadi hancur olehnya……….
    bang selalu q nanti ya,bang
    salam persahabatan selalu

    Hejis:
    tenang aja mas. Nanti semuanya akan baik2 aja. Percayalah.๐Ÿ˜€

  62. bang…….
    segalanya akan baik baik saja dan memang sudah baik baik saja sekarang
    met akhir pekan ya,bang
    salam hangat selalu
    datanglah ke apartemandnya blue ya,bang
    jangan ke parkiran blue terus

  63. selamat malam
    semangat semangat
    salam hangat selalu

    Hejis:
    Salam semangat..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s