Bangga hanya layak sekali untuk satu karya

Oleh Hejis

Bangga hanya layak sekali untuk satu karya
agar dapat berkarya lagi
Karya berkali-kali untuk satu bangga
hanyalah kurasan keringat sia-sia
Bangga berkali-kali untuk satu karya
adalah kepalsuan yang menyesatkan

Karya hanyalah karya
bila menjunjung kemuliaan
Satu karya untuk satu kemuliaan
agar dapat menciptakan kemuliaan-kemuliaan
karena kemuliaan tak berbatas

Bangga adalah buah dari karya
Karya adalah syarat kemuliaan
Kemuliaan adalah keniscayaan spesies manusia

Kemuliaan hanyalah kemuliaan
manakala sarat nilai ketakwaan
tunduk
rendah hati
kepada ilahi
kepada sesama

Manusia tanpa bangga adalah cuma sekadar mesin
yang menunggu rusak dan tanpa makna
Manusia tanpa karya adalah cuma sekadar bilangan
yang disebut sekali dan selanjutnya dilupakan
Manusia tanpa kemuliaan adalah bernilai nista
lebih dari apa pun kenistaan

Ini bukanlah puisi
Ini bukanlah kata-kata mutirara

Ini adalah satu bangga saja
untuk mendekati puisi
untuk memimpikan mutiara
untuk merindukan kemuliaan
untuk mencoba menjadi manusia

*****

102 responses to “Bangga hanya layak sekali untuk satu karya

  1. bangga untuk karya sendiri itu kayaknya juga masih sia-sia,
    membuat orang lain bangga akan hasil karya kita, baru kita patut berbangga hati, itu juga ga lebih dari satu kali.

    Hejis:
    Dalam ajaran agama saya, bangga thd karya kita sendiri yang menjunjung kemuliaan manusia bukanlah sia-sia, melainkan bermartabat. Bagaimana mungkin ada orang yang tidak bangga atas perbuatannya sendiri yang diperintahkan oleh Tuhannya? Orang yang tidak bangga thd perbuatan yang demikian mungkin rendah diri, tak mengenal rasa syukur, atau orang yang selalu kalah (pecundang). Tidak penting orang lain bangga atau tidak thd perbuatan kita yang merupakan wujud ketaqwaan itu.

  2. Bangga tak ubahnya halimun di siang terik
    tak lebih dari embun yang tersapu mentari
    tak kurang dari sentuhan rasa di lidah dan tak kurang dari keringat yang hilang terbawa angin.

    Bila bangga dijadikan matahari, maka tunggulah saatnya terbakar. Atau bangga dijadikan tugu, maka itulah nisan sendiri.

    Hejis:
    Mungkin perlu dibedakan antara bangga dan sombong. Jika perbuatan kita mulia di mata Tuhan, tidakkah kita perlu berbangga (berbahagia, senang, dan bersyukur)? Rasa bangga ada pada hati setiap manusia. Kalau bukan perbuatan seperti itu yang kita banggakan, lalu perbuatan seperti apa lagi yang kita banggakan?

  3. mungkin akan lebih berbangga hati ketika kita mengetahui bahwa karya kita bermanfaat bagi orang laen๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Jika perbuatan kita merupakan cerminan kemuliaan, barang tentu akan membanggakan orang lain.๐Ÿ˜€

  4. Bangga itu perlu kan pak.

    biar gak ada lagi puisi “aku malu jadi orang Indonesia”

    tapi puisinya menjadi “aku bangga menjadi orang Indonesia”.

    kalau nggak ada kebanggaan, kita dijajah terus pak.

    Hejis:
    Tepat sekali! Saya senang Anda bisa memahami tulisan ini. Agar tidak ada lagi puisi “aku malu menjadi orang Indonesia”, maka perbuatan yang memalukan kita ganti dengan perbuatan yang membanggakan.

  5. rumusnya cuma: jangan terlalu…

    bangga itu perlu, tapi…
    terlalu bangga, dan terlalu terlalu lainnya kan kadang malah bikin kita kaya pake kacamata kuda ya mas…

    Hejis:
    Dengan kata lain, dosisnya tepat. Begitu ya, mas Banyu? Hehehe…

  6. Saya bangga punya sahabat yang bisa bikin puisi yang bagus ini

    Hejis:
    Wadoh, terima kasih Cak atas membanggakan tulisan itu..๐Ÿ™‚

  7. Lho, katanya bukan puisi…
    Trus apa’an…
    Kok kalimatnya mirip-mirip puisi…
    ixixixixixi…..:mrgreen:

    Hejis:
    Hahahak… bukan puisi tapi pulisi…

  8. kalau tidak bangga dengan karya sendiri, maka tak akan pernah ada publikasi. Asal jangan sampai berlebihan menjadi sombong

    Hejis:
    Betul, mas. Bangga=senang dan bersyukur karena mampu dirinya berprestasi. Sombong=senang melebih-lebihkan prestasi sendiri sambil merendahkan prestasi orang lain. Bangga perlu.

  9. wah… blog nya bagus ya kak

    kunjungi blog saya ya kak
    yantysa.wordpress.com

    Hejis:
    Terima kasih ya. Iya, sudah saya kunjungi. Sip!

  10. Saya akan melakukan perbuatan yg membanggakan. bagi diri sendiri, orang tersayang, keluarga, masyarakat, bangsa dan agamaku.. ๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Wah kebanggaan yang komplet-plet. Salut…๐Ÿ™‚

  11. keren mas
    yg seperti ini perlu dibanggakan๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Terima kasih, mbak Rina…

  12. Membaca tulisan Bapak yang ini aku jadi berpikir keras
    *pegang kepala*

    rasanya selama hidup, aku belum pernah berkarya, tak ada yang patut dibanggakan juga..
    Aku hanya sebutir pasir, sewaktu-waktu akan terbang tertiup angin..
    Aku hanya setetes embun di pucuk daun, sewaktu-waktu akan jatuh terhempas badai..
    Begiku kecilnya aku, hingga tak pernah berpikir untuk bangga..
    (aih.., nggak nyambung ya..)

    Hejis:
    Jangan keras2, nanti menjadi batu…hehe.. Berkarya yang membanggakan itu, menurutku, tidak harus karya yang luar biasa lho mbak. Karya yang “kecil” sekali pun, bila membuat kita mulia karena tuntunan agama, misalnya, juga membanggakan. Jika kita tak pernah bangga, maka kita tak punya motivasi untuk berbuat mulia…

  13. Manusia tanpa bangga adalah cuma sekadar mesin
    yang menunggu rusak dan tanpa makna
    Manusia tanpa karya adalah cuma sekadar bilangan
    yang disebut sekali dan selanjutnya dilupakan
    Manusia tanpa kemuliaan adalah bernilai nista
    lebih dari apa pun kenistaan

    ——————-
    **serious mode on**

    Manusia tanpa bangga adalah manusia yang tahu bahwa apa yang dia lakukan hanyalah kensicayaan yang terjadi atas kehendak Sang Khalik.

    Kemuliaan manusia justru ketika dia tahu bahwa karya-karyanya sesungguhnya hanyalah karya-karya Illahiah yang dititipkan melalui dirinya.

    Kalaupun ada yang boleh berbangga…, biarkan itu milik Sang Maha Pencipta. Karena kitapun juga tidak lebih hanyalah ciptaanNya semata.

    **Serious mode off*

    Halaaaaahhhh…, panjang banget komentar apa sich??? Wkwkwkwkwk…๐Ÿ˜€

    Tabik Bro…๐Ÿ˜‰

    Hejis:
    Sebetulnya alineamu itu sejalan dg pendapatku, brot. Cuma menurut saya, manusia juga berhak bangga (bukan jumawa lho). Bangga sifatnya manusiawi. Oleh karena itu, manusia yang tidak punya rasa bangga ibarat mesin, tidak punya afeksi. Gitu, brot…

  14. saya bangga bersahabat dengan pemilik blog ini๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Wahai seluruh alam raya, tidakkah kau mendengar pernyataan mbak Rindu itu? Wah terima kasih dan membuat saya bangga…

  15. hehe…Bendol jadi tau nih bedanya bangga ma sombong.
    Bendol kategori yang mana ya bang?

    Hejis:
    Itu cuma menurutku, mas Bendol… Ah, mas Bendol kan orangnya gak sombong…๐Ÿ˜€

  16. Suatu kebanggaan bagi saya bisa menjadi teman Kang Hejis

    Hejis:
    Terima kasih, mas Rizal. Saya tak kalah bangga pada dirimu lho…๐Ÿ™‚

  17. saat ini aku baru bangga dengan sahabat-sahabatku, seperti pak heru ini (hiihihihi… sahabat)
    aku “belum” punya sesuatu yang bisa dibanggakan oleh diriku sendiri, terlebih orang lain.

    Hejis:
    Marilah saling membanggakan atas silaturahim kita. Tak perlu berkecil hati mas. Dirimu sudah banyak berkarya yang perlu disyukuri dan dibanggakan…

  18. wah gimana kabarnya pak?

    ke pak husnun yukkk kangen lelenya:mrgreen:

    Hejis:
    Kabar baik mas. Semoga sampeyan juga yah. Lelene mati ditutuk… hehe…

  19. *mikir*
    kira” karya apa yang selama ini saia torehkan dalam buku hidup saia…
    tampaknya saia sendiri pun juga tak tau๐Ÿ˜‰

    Hejis:
    Paling tidak, dirimu sudah rendah hati. Ini juga patut kok dibanggakan…

  20. bangga itu senang,
    senang liat diri sendiri senang,
    senang liat oranglain senang,
    senang-senang aja lah mosok mau nggak senang tho…

    *nulis opo tho iki kok gak jelas, mau bilang puisi kok ya bukan… mau bilang kata mutiara kok ya malu…:mrgreen: *

    Hejis:
    Di sini senang, di sana senang. Hehe… Mutiara laut selatan…

  21. semoga kebanggan kita semata-mata karena Tuhan bukan mengharapkan sesuatu

    Hejis:
    Begitulah, mas. Sekadar menikmati jerih payah dan bersyukur dapat berkarya. Bukan karena yang lain.

  22. Aku bangga sama kang hejis๐Ÿ™‚ tekadnya begitu kuat untuk menjadi lebih baik๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Terlebih-lebih aku… aku bangga dirimu, Jeng๐Ÿ˜›

  23. casual cutie bangga sama semua orang…

    Hejis:
    saya juga bangga sama Casual yang Cute…he…he…

  24. ๐Ÿ˜€
    *belajar menebar senyum ikhlas

    Hejis:๐Ÿ˜›
    *belajar menangkap senyum…

  25. Bangga sebagai rasa syukur karena kita tlah diberi anugerah berupa kelebihan2 oleh Tuhan. Begitu kira2 kesimpulan saya. Salahkah?

    Hejis:
    Tepat sekali, mas. Itulah yang saya maksudkan…๐Ÿ™‚

  26. Bangga untuk satu karya lebih baik dari pada tidak sama sekali, wajar banget tidak bangga wong ndak melakukan karya kok.

    lanjut pak Hej…

    Hejis:
    Hehe… tapi kalau mas Sige telah bnyk kok karyanya… Salam hangat, mas.๐Ÿ™‚

  27. wah mas heru.. ko bs ya bikin tulisan spt ini๐Ÿ™„ *garuk2 kepala*

    Hejis:
    Entahlah… itu mengalir bagaikan air kali. Tapi dirimu jangan garuk2 kepala tetangga ya…๐Ÿ™„
    *sama2 bingung*

  28. selamat pagi bang
    ayo pilih tempat arisan bang
    salam hangat selalu

    Hejis:
    Slmt pagi juga, mas. Arisannya sudah ya? Salam hangat juga,,,

  29. jadi harus tetap jadi manusia yg rendah hati, dan terus bermanfaat bagi sesama ya.. baiklah mas.. ^_^

    Hejis:
    Saya setuju dengan mas Deni… hehe…

  30. bangga aku dapat mampir di blog ini… apa kabar mas…. maaf baru sempat mampir…..๐Ÿ˜€

    Hejis:
    Bangga aku dimampiri…hehe… kabarku baik. Moga dirimu baik juga ya mas. Tak ada yang perlu dimaafkan… hehehe…

  31. jadi itu apa? kata mutiara yaaa..๐Ÿ˜€

    Hejis:
    Hehe… bisa aja neh… Mutiara Selatan, lewat Bandung… *gak nyambung blas ya*

  32. Hakikatnya, kebanggaan hanya milik-Nya semata. Kalau pun kita berbangga atas karya kita, hal itu tidak sampai melupakan andil-Nya.

    Hejis:
    Ya, berbangga tanpa harus melupakan fitrah sebagai manusia cipataanNya.

  33. Kalo dah nemu kasih tau ya mas..!! hehehe…
    Met hari rabu, dan santai bareng keluarga..!!๐Ÿ˜€

    Hejis:
    Hehe..iya. Terima kasih, maaf ini balesnya dah hari Sabtu…

  34. binun mas..
    buat aku,
    bangga ma karya sndiri y gapapa
    pan skalian bersyukur sama bakat yang dikasi Tuhan untuk kita melakukan ssuatu yang orang lain nikmati juga

    pahala toh bikin org seneng hehehe..

    Hejis:
    Jangan binun, Binong aja, trus turun di Gedebage… *gak nyambung*
    Menurut saya juga begitu. Kita bahkan mesti bangga dong dengan diri yang sudah bisa berkarya. Bayangkan dibandingkan dengan orang lain, yang mungkin malas berkarya… Tos dolo…heheh…

  35. Kemuliaan hanyalah kemuliaan
    manakala sarat nilai ketakwaan
    tunduk
    rendah hati
    kepada ilahi
    kepada sesama
    >>>> sangat mengena, Pak. Semoga kita “tertendang” kena sindiran ini.

    Hejis:
    Setuju banget. Sebetulnya saya juga sedang menyindiri diri sendiri yang belum mencapai kemuliaan. Salam hangat!๐Ÿ™‚

  36. Aku bangga bisa ngambil mangga dari kebun tetangga hahaiahaha..
    *pentung*๐Ÿ˜€

    Hejis:
    Aku bangga bisa mentung pencuri mangga…
    *kaboor*

  37. selamat sore bang
    ikut berimpatik yuk?
    salam hangat selalu

    Hejis:
    Selamat sore juga, mas. Ayoo!

  38. boleh bangga, asal jgn kebablasan…
    bangga, puas, sama saja.
    sebuah ungkapan setelah menuai hasil

    Hejis:
    Betul, mas. Karena, segala hal yang kebablasan selalu tidak baik.

  39. bisa menghasilkan sebuah karya tu ajaah dah membanggakan, apalagi bisa bermanfaat buat banyak orang dan lingkungan….dan yang bisa merasa bangga, bukan hanya yang dirinya, tapi orang laen pun juga ikut bangga….

    Hejis:
    Setuju sekali, mbak. Semoga kita dapat bermanfaat bagi kemuliaan๐Ÿ™‚

  40. kok banyak banget yang bangga siiich ???
    pada bangga knapa siich ???
    ****lemooot****

    Hejis:
    Iya, kita semua lagi pada seneng..hehe…

  41. boz
    jangan bawa kambing ke tempat blue yang ini yah? hehehe……
    salam hangatnya dalam dua musimnya blue

    Hejis:
    Hehe… kambingnya diiket gak dibawa2. Salam hangat juga yang 4 musim๐Ÿ™‚

  42. salam kenal om, isinya blog anda bagus2.. bakal sering2 mampir saya..

    salam

    Hejis:
    Salam kenal kembali. Terima kasih ya, senang dapat berjumpa denganmu

  43. Selamat berkarya, dan bangga akan karyanya..
    Sekali, atau berkali-kali…
    Salam persahabatan.

    Hejis:
    Terima kasih, sahabat. Semoga terjalin silaturahim ya…

  44. aku bangga komen nomor 44 (kekkee..)

    Hejis:
    Iya, silakan. Saya juga bangga kok…hehe…

  45. saya berkarya,, karena saya senang melakukan penemuan atau hal yang baru๐Ÿ˜€

    Hejis:
    Teruslah berkarya, dan dirimu akan senang. Hidup pun menyenangkan…๐Ÿ™‚

  46. kayak iklan rokok yang sering lewat itu..”emang bikin bangga..” heee..bagus puisi nya..keren bow

    Hejis:
    Hehe… Makasih ya bro๐Ÿ˜€

  47. bangga ntu penting,,

    bangga jd orang indonesia juga penting,,:mrgreen:

    Sip… sip… apalagi kalau pas di luar negeri ya, penting membanggakan negeri sendiri…๐Ÿ™‚

  48. bangga pada karya sendiri adalah sebuah awal untuk bisa menghargai karya orang lain juga๐Ÿ™‚

    Salam

    Hejis:
    Tepat sekali! Gak adil kan bila kita membanggakan org lain, tetapi dg diri sendiri tidak bangga… Salam hangat๐Ÿ™‚

  49. saya sependapat, tapi masih susah untuk berkata “saya bangga jadi orang Indonesia”

    Hejis:
    Mungkin tgantung konteksnya ya mas. Bila dlm konteks membela negara saya bangga, tp bila dlm konteks kultur dan perilaku sebagian masyarakat yang merusak, saya tidak bangga…๐Ÿ™‚

  50. HIDUP BERKARYA!!!!

    Hejis:
    HIDUP DINDA!!!๐Ÿ˜€

  51. hem..
    berkarya hendaknya tidak memiliki batasan kepuasan..
    agar tidak berhenti berkarya.
    merdeka..!!!!
    *halah*

    Hejis:
    Hehe… maksudku, setiap kita menghasilkan karya yg bermanfaat kita layak bangga, tapi jangan terus2an dibanggakan. Lalu, berkarya lagi… dan seterusnya. Merdekaa juga!!! Ahahak…

  52. Jadi…. sekali-sekali boleh bangga ya Mas?๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Betul, mbak Tanti, sekali-sekali kita bangga thd karya kita, terutama yg bermanfaat…๐Ÿ™‚

  53. Wah, Pak Hejis sedang main bangga-bangga-an nih.
    Jadi, saya ingin ikut bangga, sekali saja, buat Pak Hejis yang merupakan karya Tuhan.๐Ÿ˜€

    Hejis:
    Wkwkwkwk… silakan nikmati karya Tuhan… hehe

  54. Mas Hejis… mo jenguk juga ni… dengan membawa sekeranjang buah-buahan ni, hihihi….
    tetap bangga ni….

    Hejis:
    Aduh mbak Yuni, repot2. Terima kasih ya buah2annya… ahahahak. Tetap bangga juga…๐Ÿ™‚

  55. OOT: mas hejis nyontreng nggak? kalo iya, selamat nyontreng!๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Saya gak nyontreng, mas. Mas Bayu nyontreng?

  56. Ya, aku..
    Bangga atas satu karya..
    Bangga atas satu sahabat yang ingin coba jadi manusia
    Bangga atas satu persahabatan yang tulus
    Bangga jadi sahabatmu..๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Iya, mas Nug. Terima kasih. Saya pun bangga mendapatkan sahabat mas Nug. Semoga selalu sehat dan sejahtera. Amiin…๐Ÿ™‚

  57. cantigiโ„ข

    saya bangga jadi sahabat mas heru.. ^_^

    Hejis:
    Hehe… aku bangga juga kok, sama mas Deni… Salam hangat ya๐Ÿ™‚

  58. di malam minggu ini blue tetap bangga bersahabat dengan abang koq
    salam hangat selalu

    Hejis:
    Di malam Jumat ini aku pun bangga terhadapmu, mas Blue… salam dua musimnya mana…ahahahak

  59. nengokin pad dosen,, sembari nunggu karya2nya yang fantastic..๐Ÿ™‚

    Hejis:
    Wkwkwkwk…. nagih postingan ya. Iya deh bentar ya… hehe

  60. manusia berhak layaknya berkehendak.. Nice sob

    Hejis:
    Komenmu singkat, padat, dan cermat, sist…๐Ÿ™‚

  61. belum ada yang bisa dibanggakan dari hasil karya saya๐Ÿ˜

  62. suatu kebanggan tersendiri bila kite mampu berkarya untuk diri sendiri dan terlebih lagi berkarya yang berguna buat masyarakat banyak

  63. pesan yang bagus, makasih………atas nasihat2-nya, kita memang butuh orang lain, apalagi bila sedang gundah………..

    pekalongan, city

  64. kebanggaan atas kebenaran pasti takan sia-sia. kebanggaan atas kelemahan dan penyimpangan tak dpt apa2… salam kangen..!

  65. took-took๐Ÿ˜€

  66. Pak…., update lagi dong, jangan di FB terus..

  67. sore dalam gerimis
    salam hangat selalu
    pa cabar?

  68. saya bangga bisa mengenal njenengan..:mrgreen:
    tumben rada serius postingannya..biasanya bikin perut olah raga…
    pripun kabare pak ?

  69. met berakhir pekan ya bang

    i miss u banget banget hehehe…………….
    salam hangat dalam dua musimnya blue

  70. Ping-balik: Ibsn: Kopdar Part 2 « to live to love to leave legacy

  71. hihi.. ada kopdar yah pak.. menunya pecel lele?๐Ÿ˜‰

  72. Bangga atas karya sendiri asal tidak bangga yang memalukan baik buat kesehatan, hahaha..

  73. i miss u now…………..more than what can say i miss u now…………………

    pa cabar bang

    salam hangat dalam dua musimnya blue

  74. *Sambil berfikir : Apa yang sudah saia lakukan selama ini…
    *masih berfikir

  75. hidup bukan untuk bekerja namun hidup untuk berkarya…..๐Ÿ™‚
    yuukk mari kita berkarya๐Ÿ™‚

    i’am proud know u mr… hehehe….

    ada sesuatu di blog ika untuk pak heru… kunjungi yah? dikerjain okeh pak hehehe…๐Ÿ˜€

  76. Permisi……salam kenal

    dan mampir ya Pak

  77. Salam kenal n mampir ya Pak

  78. kemana saja nich abang kita
    nelpon kagak
    berkunjung apa lagi hehehhe……………..maksa

    pa cabar bang?

    salam hangat dalam persahabatan

  79. finally…..i found u mas……hehehehehe….salam takzim

  80. salam kenal, kunjungan pertama nih… blognya rame yah…๐Ÿ™‚

  81. kebanggan hampir selalu melahirkan antusiasme
    dan saat gairah itu muncul, produktivitas pun mengalir…

  82. Jadi klo bangga nggak boleh sering-sering ya…….

  83. ^^ Pak Heru… pa kabar nie… ^^

  84. bangga..bangga…bangga…
    aku bangga…hehehehehe

  85. Sudah lama gak berkunjung ternyata belum di update ya Pak…..

  86. Assalamu’alaikum…..salam kenal dan mampir ya pak

  87. berkali – kali karya untuk satu kali kebanggaan, kebanggan untuk bangsaku

  88. pa cabar bang?

    kelamaan nich tak ada cabar dari abang

    salam hangat dalam persaudaraan bloger

  89. Selamat berkarya ya?

  90. hwah,
    rumitnyaaaa,, hehe..
    tp keren,
    permainan kata yang bagus dan kreatif..^^

  91. mas Hejis, tuuu ada pe-er dan award…….. ambil dunk……… tyuuuzzz jangan lupa dikerjain, biar naek kelas yahhhh………..

  92. dari sini mencoba belajar ttg bangga.

    Semoga di akhirat kelak, amal2 dpt qt banggakan. Aamiin.

  93. walah ikut bangga dong hahaha

  94. Apa kabar nya ni Mas Hejis… ? Kemana aja..?

  95. bangga itu membuat hati tentram ?.

    untuk satu karya. apakah berlaku untuk karya yang lain ?.

  96. Aku bangga pada anda sir… hehhe….
    Aku bangga akhirnya bisa posting dan mampir disini lagi sir…
    Aku bangga melihat banyak kawan disini dan disana… Fb…
    Aku bangga banyak postingan disini meski belum sempat aku baca semua….๐Ÿ™‚
    Tapi aku sedih karena baru sekarang bisa posting n mampir lagi ๐Ÿ˜ฆ

  97. aku akan bangga jika karyaku bermanfaat untuk orang lain..

    dan aku juga bangga berkawan denganmu..

    Hejis:
    Marilah berkarya, Kenangaku… aku pun tak kalah bangga menemanimu…๐Ÿ™‚

  98. Betul mas Heru, kita boleh dong bangga…asal kebanggaan kita itu tidak membelok jadi kesombongan, tapi lebih diarahkan agar menjadi hal yang positif dan memotivasi kita.

    Boleh dong kita bangga, lha kalau nggak bangga nanti kita jadi nggak pede utk ngapa2in, hihihi…

    Saya juga “bangga”, karena lewat dunia perbloggeran ini, saya punya banyak sahabat, salah satunya mas Heru yang punya wawasan luas, selalu rendah hati & selalu membuka persahabatan dgn siapa saja ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

    Ok, mas Heru sukses terus buat mas Heru ๐Ÿ™‚

    best regard,
    Bintang

  99. Kemuliaan jadi kebanggaan, aku setuju. Tapi kebanggaan jadi kemuliaan? Aku kurang sependapat.

  100. Saya salut karena mas mampu membuat orang puyeng untuk berpikir makna dari bait demi bait. Terus terang aja kalo saya salah satunya, tapi maaf loh sebenarnya bait-bait di atas menurut aku kalimat2 pada bait lainnya mementahkan kembali bait sebelumnya. Kurang fokus maksudnya, yang ingin diutarakan apa? Bangga, karya atau kemuliann?

  101. terima kasih……semoga tulisan ini menjadi bermamfaat bagi semua orang…sukses menjadi milik anda, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok lebih baik dari hari ini.. salam…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s