PARTAI BARU DI FACEBOOK: PARTAI FACEBOOKER MERDEKA

Oleh Hejis

Klik logo Partai Facebooker Merdeka ini untuk mengunjungi situsnya

Di Facebook sekarang ada partai baru! Sebuah partai yang bisa dianggap konyol, bisa juga dianggap serius… hehe. Partai ini dilatar-belakangi oleh fenomena di dunia maya, khususnya di jaringan pertemanan Facebook, seperti yang terpapar di bawah ini.

MEDIA BARU DAN FUNGSI MEDIA MASSA
Dalam dunia politik kita telah lama mengenal media massa yang memiliki ciri-ciri sebagai media yang bersifat massal, serempak, menjangkau tempat-tempat yang jauh, massa yang bersifat heterogen. Media massa politik digunakan sebagai media komunikasi antara tokoh politik dan massa, antara tokoh politik dan tokoh politik, dan antara anggota-anggota masa. Bentuk media massa adalah buku, koran, majalah, radio, film, televisi.

Kini muncul media internet yang mewabah ke seluruh penjuru bumi dengan karakteristik yang merangkum semua ciri-ciri yang ada pada media massa konvensional. Ini yang disebut para ahli sebagai “media baru” (the new media). Di dalam internet kita bisa membaca buku, majalah; mendengarkan radio; menonton film dan televisi. Bahkan muncul media untuk membentuk atau mempererat jaringan sosial (social network), seperti Facebook, Twitter, Friendster, chatting, dan lain sebagainya. Di dalam internet, bahkan, orang dapat membuat medianya sendiri, seperti web dan blog.

Fungsi-fungsi media massa yang tradisional dan media baru itu pada pokoknya adalah untuk memperefektif komunikasi yang bertujuan untuk mencari hiburan, mencari informasi, memberikan informasi, memerintah atau memersuasi (to persuade), mengajar dan mendidik atau membelajarkan, melarikan diri dari masalah-masalah psikologis individual, dan beriklan.

FUNGSI FB DALAM RANAH POLITIK
Pada awalnya Facebook (FB) digunakan sebagai media untuk mempererat jaringan sosial saja. Namun, seiring perkembangan penggunaan FB telah menjadi kekuatan untuk melakukan fungsi-fungsi politik. Di Amerika Serikat, misalnya, FB telah membantu Barrack Obama menapaki tampuk kekuasaan tertinggi sebagai Presiden. Atau, di Indonesia, FB telah menjadi kekuatan penekan bagi publik terhadap perorangan atau lembaga yang dianggap mencederai kepentingan publik. Kita dapat mengambil contoh kasus Prita Mulyasari ketika ia berseteru dengan sebuah rumah sakit yang tdk melakukan pelayanan dengan baik. Dalam kasus ini dukungan para facebooker mencapai ratusan ribu. Kasus perseteruan antara Komisi Pemberantasan Korupsi dan Kepolisian RI, juga dapat diambil contoh untuk membuktikan kekuatan FB sebagai media komunikasi politik untuk melakukan tekanan kepada pihak pemerintah.

Sejatinya, selain berfungsi untuk melakukan tekanan, hal yang tak kalah penting adalah bahwa FB dapat menjalankan komunikasi politik antara aktor-aktor politik. Di sini para pihak dapat mengambil peran yang positif untuk mencapai tujuan berpolitik secara bermartabat. Pihak-pihak dalam komunitas FB dapat mencari dan memberikan informasi, menyosialisasikan kebijakan-kebijakan partai atau pemerintah, mencari masukan dan memberikan masukan, mengajarkan nilai-nilai yang baik untuk hidup bernegara, dan menyampaikan kritik.

ZOON POLITICON, SIKAP DAN PERILAKU POLITIK FB-Er
Manusia pada dasarnya adalah makhluk politik (zoon politicon). Ini sudah dikenal ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu sejak zaman kerajaan-kerajaan di Yunani, di Mesir Kuna, di Babylonia, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita sebagai manusia tak bisa lepas atau melepaskan diri dari dunia politik. Dunia politik adalah dunia kita sehari-hari. Selama kita hidup di bawah satu negara, maka selama itu pula kita berurusan dengan dunia politik, baik suka maupun tidak suka. Politik adalah urusan tentang pengelolaan kekuasaan yang mengatur orang hidup bernegara. Urusan ini mencakup mulai dari pembentukan dan kewenangan pejabat-pejabat negara hingga urusan menentukan harga sembako. Mulai dari pelantikan anggota DPR hingga penggusuran pedagang kaki lima. Mulai dari pembuatan UU anti-korupsi hingga pengaturan pajak kendaraan bermotor.

Jadi, sekali lagi, kita tak dapat terhindar maupun menghindarkan diri dari dunia politik. Namun, mungkin karena praktik politik yang dilakukan para aktor politik (misalnya para pejabat negara, partai politik, elite politik, penegak hukum, anggota parlemen) di negara kita sungguh membuat rakyat kecewa, maka sebagian orang (termasuk facebooker) menghindarkan diri atau bahkan tidak menyukai dunia politik. Ini sikap yang keliru. Karena, seperti telah disebutkan di atas, dunia politik berkenaan dengan urusan kekuasaan dalam hidup bernegara. Dengan kata lain, urusan politik adalah urusan kita sehari-hari.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kita peduli terhadap urusan politik walaupun mungkin tanpa ikut terjun langsung sebagai anggota partai politik. Kepedulian ini dapat diwujudkan dengan mencari informasi-informasi yang cukup tentang kebijakan pemerintah, landasan-landasan hukum, praktik-praktik politik oleh para aktor, dan lain-lain yang pada prinsipnya berusaha untuk tidak buta politik. Manfaat dari usaha itu adalah, sebagai pribadi, orang akan dapat memberikan kontribusi untuk kebaikan bersama dan tidak dapat dengan mudah dikelabui oleh aktor-aktor politik yang jahat, serta dapat sebagai bekal bila kelak mengambil pilihan untuk terjun di dunia politik.

Pemikiran-pemikiran seperti tersebut di atas mendorong lahirnya sebuah grup di Facebook dengan nama PARTAI FACEBOOKER MERDEKA. Partai ini (waduh, sebutannya partai. Menyeramkan! hehe…) cukup mendapatkan tanggapan yang antusias dari para facebooker. Dalam waktu seminggu, facebooker yang mendaftarkan diri mencapai 4.546 member dan terus bertambah tiap menitnya.***

KUNJUNGI Situs grup PARTAI FACEBOOKER MERDEKA

KLIK DI SINI PARTAI FACEBOOKER MERDEKA

41 responses to “PARTAI BARU DI FACEBOOK: PARTAI FACEBOOKER MERDEKA

  1. urusan RT juga berpolitik, hubungan suami istri juga berpolitik, bertetangga ya berpolitik, interaksi anak orang tua juga berpolitik … politik ya kehidupan sehari-hari, bahkan dengan diri sendiri.

    Paragraf kedua terakhir … mantap dan mendorong pembelajaran dalam dunia media baru.

  2. menyapa Mas Hejis lama tak muncul

  3. Saya semakin kedodoran ketinggalan. Perlu di upgrade nih kayaknya….

  4. Om…besok2 aku mau buat partai Nyi aja ahhhhhh…hihihihiihihhiiii

  5. blue datangggggggggggggg
    pa cabar
    salam hangat selalu
    lengkap y infonya

  6. HE BENJAMINE>> makasih, bro. Bener tuh, politik adlh urusan sehari-hari. Makanya, mengherankan bila ada orang yg benci politik. Mungkin yg patut “dibenci” adlh perilaku politikus yg kurang terpuji..

    SUNARNOSAHLAN>> hehe… apa kabar mas Narno… aku baik aja. Tengkyuh ya..🙂

    ALRIS>> hihi.. apanya nih yg kedodoran? Asal jng sarungnya yo mas… haha

    CERITAPENULIS>> hihi… iya Nyi, ntar aku daftar sbg seksi konsumsi ya..

    BLUETHUNDERHEART>> Hai, bro… kbr baik. Moga bgt dg mu yaa…🙂 ting!

  7. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    Kunjungan BW sebentar untuk bersilaturahmi di Eidul Adha yang indah ini. rehat minda sebentar. wah bicara facebook ya… saya ikut mendengar aja. Selamat berbahagia bersama keluarga di hari mulia ini. Didoakan sukses selalu. Salam hormat dari Bangi.

  8. luaama gak silahturahmi ke sini, wilujeng pak nggih

  9. Partainya udah daftar di KPU belum?:mrgreen:

    Internet memang membawa dampak besar terutama bagi masyarakat perkotaan. Dunia jadi begitu sempit dan setiap orang mulai berani (dan punya kesempatan untuk) menyuarakan pendapatnya, meskipun pada sejatinya, profil-profil di internet bersifat no-name.

  10. okek.. akuk..ngikut kok…🙂

  11. Hallo mas.. Hejis… apa kabarnya ni… ? lama ya gak mampir…. hehehehe….

  12. Siti Fatimah Ahmad

    Assalaamu’alaikum

    SAHABAT
    Walau…
    Langkah tak bertemu
    Tangan tak berjabat (perempuan sahaja ya)
    Ucapan tak terdengar
    Izinkan hati ini memohon maaf
    Atas segala…..
    Sikap dan lisan yang tak terjaga
    Janji yang tak terkota
    Hati yang kerap berprasangka (insya Allah tiada)
    Sepanjang setahun perkenalan kita
    Selama persahabatan kita terjalin di dunia maya
    Terima kasih atas kasih sayang dalam ukhuwwah yang dicerna
    Semoga kita selalu di dalam perlindungan-Nya

    SELAMAT MENYAMBUT MA’AL HIJRAH 1431
    Salam Awal Muharam dan salam manis dari saya di Bangi, Selangor, MALAYSIA.

    SITI FATIMAH AHMAD

  13. merindu sangat blue padamu bang
    salam hangat selalu

    semangat

  14. SITI FATIMAH AHMAD>> Wa’alaikum salam wr. wb.
    Terima kasih atas silaturahmi kita.. Selamat Eidul Adha juga dan Selamat Tahun Baru Hijriyah ya. Semoga pengorbanan kita diterima Allah SWT.. Amiin. Salam hormat

    BUDSAN68>> hehe… Alhamdulillah sae kemawon. Mugi panjenengan ugi wilujeng mas Budi…🙂

    AGUNGFIRMANSYAH>> hihi… kalau didaftarkan ke KPU ntar malah jadi partai beneran, bisa bnyk duit keluar… haha… Betul, salah satu ciri-ciri media baru adalah bersifat anonymous, mungkin utk alasan kebebasan yg lbh besar bagi yg tdk mau mengungkapkan identitas dirinya ya…

    SUNANRNO SAHLAN>> Matur nuwun mas Narno, Bgm kbr? Smg sehat selalu ya..🙂

    EM>> Oqelah qalo begitu… makasihlah qalo begitu… hehehe…

    INSPIRASIMENULIS>> Monggo, kembali ke jalan yg benar lagi… qiqiqi…

    YUNITASULISTYA>> hihi… iya, mbak Yun. Bgm kabar, baik2 aja kan?

    SITI FATIMAH AHMAD>> Terima kasih puisi indahnya ya. Selamat Eidul Adha juga. Smg persahabatan kita senantiasa membawa berkah. Amiin…

    BLUETHUNDERHEART>> Rinduku juga tak berbatas waktu… halah! hahaha….

  15. hahaha ada-ada aja, sekalian buat partai twitter juga
    boleh tukeran link ga mas?
    blogku : http://ebookku-gratis.blogspot.com
    anchor : ebook gratis
    thanks

  16. BAMZ>> hehe… Itu partai di FB yg pertama, skrg orang sudah mulai bikin partai2 yg lain di FB. Kalau mau di twitter juga bisa kan? hehe…
    Oke, kita tukeran link. Makasih yaa… Salam hangat bro🙂

  17. wah..fb jadi sarana politik juga ya…

  18. pak heru yang ganteng dan baik hati yang gemar mentraktir bakso😀

    saya sedang tidak aktiv di FB pak😦

    saya sedang mengobati diri saya dari ketergantungan FB.. takut2 saya bisa edan.. kalo terus2 an begini :p

    bisa2 saking tergantungnya bisa main FB sambil mandi.. itu bahaya sekali karena lepti saya bisa rusak :p

    hehehe…

    sementara kita berhubungan dari WP yaaah

  19. BUNDARIE>> Itu cuma sedikit political education aja, gak sampai pd politik praktis…🙂

    HIDAYANTI>> Wahahaha… syukurlah kalau belum edan tenan, chay. Iya dah, aku nurut ajah apa katamu. Yang penting kamu bahagia lahir-batin, dunia-akhirat… hehe

  20. saatnya bersemangat maz
    salam hangat dari blue

  21. Hi.. Can we exchange links..

  22. BLUE THUNDERHEART>> Oyi bro… hehe… cemangad.. cemangad…

    VIJAY>> Ok’s friend, let’s exchange our links..🙂

  23. WAW!!!!!!!!!!!!!

  24. Bisa ikut pemilu ga ya? ^_^

  25. Ping-balik: Artik3L qu3 « death race

  26. Saya daftar jadi anggota ranting Srikandi, boleh ?

  27. Wah ada partai baru…?
    Coba menengok ke fb ah….. hehehe..

  28. DANNY FAJAR NATHA NUGRAHA

    Pagi, pak heru lagi sibuk apa sekarang? apa sudah lupa sama danny ! murid bapak bimbingan skripsi 1 danny numpang mampir pak. artikelnya bagus dan lumayan ilmiah! kalau pak heru yang buat ya tidal lumayan lagi pasti huebat puoll. sekarang saya di surabaya pak . kalau ada waktu saya mampir lagi trimakasih

  29. semangat om
    salam dalam kehangatannya aku

  30. Partai ini bisa buat dukung apa saja kayaknya… Buat ngoreksi yang salah kaprah dimana-mana.
    Tak usah ikut pemilu…

  31. boleh gak daftar jd kader PARTAI FACEBOOKER MERDEKA….

  32. dari judulnya aja udah lucu,…
    klo FB bakal dijadikan partai,..
    g ikt2 dey,….
    org2 d fb bnyk bohong nya,…
    wkwkwkwkw

  33. perlawanan yang cerdas…

  34. Assalamualaikum, Ulasan diatas kiranya juga menjadi salah satu alasan saya selain status-status konyol untuk berhenti memakai facebook dan beralih ke blog. salam kenal kakak

  35. Pemilu 2014 nanti ikutan gak tuh

  36. salam persahabatan yaa…

  37. lah, aku baru tau ini di facebook ada partai2 kaya gini:\

    Jasa SEO

  38. Terima kasih atas artikel nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s