Tag Archives: humor

GUYON ALIAS HUMOR DALAM MASYARAKAT KITA

Oleh Hejis

Humor di lingkungan militer

Humor di lingkungan militer

Guyon atau humor tentu akrab dengan keseharian kita. Bagaikan bumbu dalam masakan, humor menambah sedap interaksi. Pergaulan tanpa humor akan terasa hambar dan kaku. Ini bisa terjadi di kancah pergaulan mana pun. Bisa di rumah, di sekolah, di tempat kerja, di seminar, di pasar. Pokoknya di mana saja, deh.

Humor dalam konteks hubungan pergaulan sosial, lebih banyak terjadi pada hubungan horizontal daripada vertikal. Misalnya, di kantor atau di kampung, orang-orang lebih suka bergurau dengan yang sederajat (sesama anak buah) daripada dengan yang berbeda derajatnya. Ini terjadi karena ada perasaan ewuh-pakewuh, sungkan, atau menjaga wibawa. Baca lebih lanjut

AWARDS FOR MATT MULLENWEG AND MARIA OZAWA

Surat Buat Mas Amat Mulyo Wagino di Houston

Oleh Hejis

 

Amat Mulyo Wagino nama pemberian Hejis untuk Matt Mullenweg

Amat Mulyo Wagino nama pemberian Hejis untuk Matt Mullenweg

Yth. Matt Mullenweg alias Amat Mulyo Wagino.

Selamat pagi, mas Amat. Pagi ini di Malang terasa dingin menusuk tulang. Mungkin mirip hawa sejuk di kampungmu, Houston, Texas ya. Beberapa hari ini hujan terus mengguyur sambung menyambung menjadi satu *itulah Indooo… neee… sia*, padahal di atas langit sana tak kulihat tandon air. Tetapi kok ya airnya gak habis-habis ya. Ya, betul! Kekuasaan Tuhan. Hujan di sini dan kota-kota tetangga Malang tak pernah turun salju, seperti yang engkau berikan di blogku Januari lalu. Rasanya gimanaaa.. gitu, saat salju turun dengan lembut dan krenyes-krenyes. Kelihatannya mesra ya jika pacaran di bawah cucuran salju. Yang jelas gak pacaran sama kamu, dong. Masak jeruk minum jeruk. Ah, jadi ngelantur. Kesimpulannya, aku di Malang kedinginan disebabkan sering kehujanan, tetapi hati ini tetap hangat karena karyamu dalam bentuk blog ini, WordPress. Baca lebih lanjut

CIAAAAATT… JURUS PENDEKAR MAUT

Oleh Hejis

CIAAATTT….. BLARR… BLARR.. HZZZZZ…. CIAAAATTT… BLARR… BLARRR! Dalam waktu sekedipan mata pohon beringin raksasa di tengah hutan belantara alias alas gung lewang-lewung ini yang jaraknya 27 langkah dari titik tempatku bertapa dan tirakat berbunyi krekk… krekkk… bumm! Pohon yang berusia ratusan tahun itu pun roboh berdebum kena pukulan jurus “Selaksa Puyuh yang Menikah dengan Selaksa Guntur”-ku. Tak perlu menunggu sepenanakan nasi, muncullah berkelebat-kelebat bayangan dari balik pohon yang tumbang itu. Bayangan itu tidak jelas benar makhluk apa, yang jelas lebih dari satu. Sinar rembulan yang masih pucat pasi belum cukup memperjelas penglihatanku untuk dapat mendeteksi mereka. Siapa-siapa yang datang, pakai baju warna apa, lelaki apa perempuan, cantik apa tampan. Pokoknya, auah gelap! Baca lebih lanjut

PIBUNG (Puisi Bikin Kembung)

SAJAK CINTA PARA BLOGGER

Oleh Hejis

Sahabat tercinta,

Kali ini izinkanlah saya merangkai puisi (tapi puisi yang bikin kembung..he..he..) dengan nama-nama sahabat blogger yang penuh kasih dan cinta. Tujuannya adalah untuk… iseng saja. Mohon perkenan dari sahabat ya. Nama-nama sahabat blogger yang lain yang belum disebutkan tidak berarti tidak penuh cinta dan kasih, melainkan karena kesulitan teknis saja. Jangan berkecil hati, sahabat. Kasih dan cintamu terpatri di hati ini dengan kuat. Selamat menikmati. Selamat Tahun Baru. Semoga keberhasilan kita bertambah lagi. Amin.
black-love-art-intimacy

(Mohon doa restu dari para sahabat agar sajak ini menerima hadiah Nobel tahun 2009 ya… ha..ha.. ) Baca lebih lanjut

CERBUNG (Cerita Bikin Kembung) Ver. 2.0


GURU TAMAN KANAK-KANAK MENCINTAI MURIDNYA SENDIRI!

Oleh Hejis

ABSTRAK:
Cerita ini berdasarkan kisah nyata (nyata apa ndak ya? Ndak ajalah, ya?). Seorang guru Taman Kanak-Kanak mencintai muridnya. Kisah ini rencananya tahun 2009 akan dibuat film, karena sangat artistik, dramatis, dan saking ngawurnya. Para aktor dan aktrisnya pun sudah akan segera mulai diseleksi. Kalau nanti sudah jadi film dijamin kualitasnya akan tinggi. Tetapi, film ini tidak akan disertakan dalam kompetisi Oscar. Gak level. Seperti apa kualitas sutradaranya? Riri Reza? Uh… Lewat! Garin Nugroho? Uh, lewat! Steven Spielberg? Uhukk… Lewat! Kamsudnya mereka memang numpang lewat karena berbagai keperluan. Ada yang mau jajan bakso, beli bubur ayam, atau beli nasi pecel. Ya mereka lewat-lewat ajah. Pokoknya tunggu tanggal mainnya di kampung teman-taman masing-masing. Tolong sambil dipromosikan kepada penduduk setempat ya.
Dalam kisah ini mungkin terdapat kesamaan nama dan peristiwa dengan nama dan peristiwa teman-teman. Who knows? Ndak apa-apa. Biasa saja ya. Jangan jambak-jambakan.*****

…1…2…3…CERITA… DIMULAI! *Tepuk tangan dulu, dong* Baca lebih lanjut

CERBUNG (Cerita Bikin Kembung) Ver. 1.0

SAAT RINDU MENGGAMIT

Oleh Hejis

Pengantar
Kisah ini merupakan kisah seorang anak manusia *bukan kambing, apalagi sapi* yang sedang kangeeennn bangets sama anunya di seberang sungai lautan. Kisah ini juga merupakan kisah yang tidak nyata yang diputar-balikkan sehingga menjadi tidak nyata banget. Believe it or not. Satu hal yang penting adalah bahwa ini cerbung *cerita yang bikin kembung, saking ngawurnya…hihihiy* :mrgreen: , bukan cerita bersambung. Tetapi kalau para pembaca yang budiman (pak diman tidak termasuk) menginginkan bersambung, nanti bisa dinego.

SAYA cari Kakanda sebulan ini, tidak ketemu. Tiba-tiba muncul sMs, “tolong segera datang ke Lawang”. Bergegas saya ke sana. Setelah basa-basi, teman yang mengesms tadi angkat bicara, “kambing ini sudah ditawar 750 rb, tapi saya nunggu sampeyan”. Walah tak kirain mau kasih kabar tentang Kakanda. Sekalinya nawarin kambing! Memang sih mau lebaran haji, tapi mbok ya ngerti. Lagi sibuk cari-cari Kakanda, alih-alih membantu malah ngajak bisnis. Baca lebih lanjut