Aku Kembaliiii…

Selamat datang, sobat

Selamat datang, sobat

Oleh Hejis

Pengantar

Seperti rumah kosong. Mungkin begitu ya, lihat blog ini mangkrak beberapa waktu. Maaf deh ya… hehe. Soalnya dah lama banget gak ada postingan yg diupdate di sini. Sobat yang berkunjung ke sini banyak yang kecele.

Berawal dari munculnya fenomena penting dalam dunia komunikasi, khususnya yang berkenaan dengan “media baru” (new media), yaitu social network media, misalnya Facebook. Media baru ini bukan sekadar media yang baru yang merupakan bentuk lama yang diperbarui. Bukan pula media yang kemunculannya baru. Media baru adalah media komunikasi yang memiliki sifat-sifat lebih rumit dalam hal penggunaannya, dalam hal pembuatannya, dan dalam hal efek dari komunikasi yang dilakukan dengan media tersebut.

Media baru ini penting bagi siapa pun karena setiap orang membutuhkan komunikasi dalam hidupnya. Sehingga, setiap orang mestinya dapat mencermati kemunculan media baru ini demi keuntungan dalam kehidupannya. Oleh karena itu, setiap orang mestinya juga memiliki kemampuan untuk mengenal, mengakses, memanfaatkan, mengerti pesan yang terdapat di media baru itu, dan bahkan memproduksinya. Inilah yang dikenal dengan istilah “media literacy”.

Fenomena baru inilah yang kemudian mendorong saya untuk menunaikan tugas akademik dengan cara melakukan penelitian terhadap Facebook sebagai salah satu bentuk dari media baru. Hasil penelitiannya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh siapa pun untuk meningkatkan media literacy yang sudah disebutkan tadi.

Begitulah, mengapa blog ini mangkrak. Kemampuan waktu dan konsentrasi menyebabkan blog ini tidak mendapatkan semestinya. Kini, saya kembali ke sini. Walaupun, belum sepenuhnya. Terimalah kedatanganku kembali ya… weheheh…

Sebagai pembuka, saya memposting artikel ringan di bawah ini yang dicuplik dari konten Facebook. Selamat berjumpa, selamat bertemu lagi….

AKU KEMBALI

Kau masih tersenyum seperti setahun yang lalu. Dari jauh sudah terlihat sosok tubuhmu yang tinggi menebar pakan ikan di pinggir kolam depan rumah mu. Di pinggirnya ada pohon lamtoro gung dan turi. Cukup teduh kolammu. Ah, aku jadi teringat. Berjalan berdampingan bersamamu adalah kenikmatan yang tak pernah terbayangkan banyak orang. Tubuhmu yang tinggi itu menjadi pelindung saat berjalan-jalan, hingga hatiku tenteram menelusuri jalan tanah di kampung mu dan kampungku dulu. Waktu itu banyak temanmu bilang, kita pasangan yang serasi. Pasangan yang jika berdiri berdampingan enak dipandang mata.

Saat aku tiba di pagar tumbuhan depan rumah dirimu tengah asyik dengan ikan-ikan nila, emas, dan lele. Juga jenis ikan yang sama saat aku sering ke sini setahun yang lalu. Lalu, engkau duduk di teras rumah, di balai-balai bambu buah tanganmu sendiri. Senyummu segera merekah seolah otomatis bila ketemu dengan setiap orang. Inikah senyum yang kutinggalkan setahun yang lalu? Tetapi, mengapa kualitasnya masih sama tak kurang segores pun meski dimakan waktu? Hatiku menjadi tersedot keluar. Perih.

Penyesalanku memang telah ada sejak dari rumah. Meninggalkanmu adalah tindakan terbodoh yang pernah kulakukan. Kini ingin kutebus semuanya dengan mendatangimu melintasi kota-kota. Sejatinya telah kusiapkan hati ini menerima kemurkaan yang paling hebat akibat luka hatimu selama ini. Akan kuterima sekuat apa pun ke uluhatiku. Namun, kini malah kau sambut aku dengan senyuman itu. Memang pedih, tetapi membanggakan. Memang ironis tetapi menyemangati harapan.

Sepatutnya dirimu menjadi lelaki idola para perempuan pencari cinta. Apakah karena senyuman itu? Iya… ah, bukan, bukan… rasanya. Engkau tak pernah mengeluarkan amarah yang meledak-ledak layaknya kebanyakan lelaki. Sampai-sampai aku kehilangan akal untuk membuatmu marah. Aku marah karena engkau tak pernah marah. Dan aku meninggalkanmu karena itu. Dan aku kembali lagi ke sini karena itu, setelah setahun berlalu. Sebab inikah aku mencintaimu? Ya… oh, bukan, bukan… kiranya.

Engkau si pemurah hati yang tak membeda-bedakan. Sementara aku ingin diistimewakan. Bukankah aku belahan kasihmu? Karena ini jualah aku meninggalkanmu. Aku kehilangan akal agar engkau mengurangi sifat penolongmu kepada selain aku. Aku tak mampu, dan engkau harus menanggung sendiri sifatmu itu dengan kehilangan aku. Setahun yang lalu. Kini aku kembali karena sifatmu itu.

Sejak pergi darimu, telah kucoba menerima hati laki-laki di kota lain tempat aku tinggal. Pria tampan dan baik budi serta berkecukupan. Sempat berjalan beberapa waktu, tetapi hatiku masih tertuju padamu. Bayang-bayang mu sempat hilang, namun sesaat saja. Selebihnya membayangi ke mana pun langkah ku pergi.

Kini aku telah melepaskan kedudukanku sebagai direktris perusahaan maju. Meninggalkan kemewahan yang kunikmati di kotaku, demi menebus kesalahanku. Aku kembali untuk memasrahkan hati yang keliru. Kepadamu.

Apakah aku telah dibutakan oleh cintaku sendiri? Ataukah aku sedang menggenggam mutiara? Rasanya, keduanya bukan! Yang pasti aku sedang menemukan mata air cinta, sumber kesegaran yang tak habis-habisnya memancar di musim hujan atau pun kemarau. Itu ada padamu. Ya, hanya dirimu…. *** [HE715-020509]

99 responses to “Aku Kembaliiii…

  1. Yuyun Fuliani

    Hwah asyik juga tuh kalau yg dibahas fenomena FB,mengingat sekarang semua org demam FB..memang bentuk komunikasi yg dahsyat,walaupun sebenarnya komunikasi FB tdk memenuhi syarat lengkap sbg komunikasi yg baik..
    Salam kenal Pak Hejis,hihihi (baru tau nih punya nama simple)..usul Pak Hejis,klu bisa bahas juga cerita cinta yg terjalin lewat FB,saya yakin pasti byk yg mengalaminnya,kayaknya seru tuh,kira2 knp juga bisa spt itu..trimksh sdh dimuat..:)

    Hejis:
    ya, mengasyikkan… krn sekitar 2,3 juta orang Indonesia konon memiliki akun Fb… ya sama2 trksh ya… 🙂

  2. he.. he.. he.., welcome back om hejis. btw, lama banget sih ngilangnya 🙂

    Hejis:
    hehe… thank’s ya… cuti tahunan kali ya…hehe

  3. yaaa…
    semangat baru lagii…

    Hejis:
    Selamat bertemu lagi di sini… thx ya… 🙂

  4. Welcomeback Bung Hejis, kirain dah lupa dengan blog. Pembukaan postingannya mantapz. keep update friend.

    Hejis:
    Welcome, bro… hehe tak kan lupa dg mu, bro. Thx ya…. 🙂

  5. Thank You. Very Nice Site.

    Hejis:
    You are welcome… Nice to meet you… 🙂

  6. oalah gara2 fb toh…

    kirain wes pindahan mas,
    sik eling omah ternyata hehehe 🙂

    Hejis:
    Oalah… gara2 sampeyan lho… wkwkwk… 😀

  7. selamat datang kembali, tuk saling bercengkerama lagi

    Hejis:
    Selamat datang, Mas. Bercanda ria lagi berbahagia…hehe

  8. Sudah dibilang! Tetap nekad pergi. Ya sudah! Toh sekarang sudah kembali, selamat datang kembali dan menemukan air mata cinta.

    Hejis:
    Wuahahaha…. Slmt datang lg, my bro…. hehe

  9. wah…wekom bek ki sanak. iya nih saya kirain mas hejis pergi melaksanakan tapa pendem… 😀

    ini lho tembok rumahnya ini sampe jamuran gini ditinggal lama hehehehe….

    Hejis:
    wekekek… topo pendem, mendem gedang… iya nih sampe jamuran n lumutan, perlu dicat ulang… 🙂

  10. horeeee bang hejis sudah cambek… hi..hi…

    Hejis:
    Horeee… mari jogetan, mas… hihihi…

  11. Nyaris linknya diblogku aku “setip” karena tiap kesini nggak update. Awal yang romantis dengan postingan romantis. Siapa ya tuh cowok yag baik hati.

    Hejis:
    wedew… untung ya gak jadi disetip… hehe… Itu cuma khayal aja ya… atau jgn2 cowok itu sampeyan? hihi…

  12. Yang dikangenin akhirnya nongol jugaaa…
    Jurusnya makin dahsyat setelah bertapa sekian lama…

    Aku undang ke “rumah” untuk mencoba sejurus dua jurus…

    Wakakakakak… 😀

    Hejis:
    Haha… alhamdulillah ada yg kangen… gimana kbr bro? Iya, iya… aku sudah nengok… Sangat dahsyat, jurusmu bro. Salut!

  13. dalam dunia persilatan, eh perblogan pendekar pilih tanding (pak hejis) ini benar-benar dinantikan kehadirannya… terbukti ada yang langsung mengundang (itempoeti)…
    paling aku cuma berani ngintip disela-sela cahaya purnama

    HIDUP HARUS OPTIMIS, falsafah air

  14. Selamat pulang dari perantauan mas hejis…..

  15. Selamat datang bang…
    (padahal abis sama-2 ngilang ya? hehehe)

  16. Selamat datang kembali. Rasanya tak terhitung bolak-balik ke sini, tapi masih sepi.
    Tapi, ngomong-ngomong, saya juga kayaknya harus memutuskan seperti Pak Hejis: meninggalkan sementara aktivitas blogging demi suatu tugas yang harus dituntaskan. Saya pikir-pikir, blogging telah “merampas” tugas yang selama ini mestinya sudah harus saya tuntaskan. Saya memiliki tugas order terjemahan yang tak jua kelar. Saya khawatir, penerbit tak lagi percaya. Gimana pendapat Bapak?

  17. Welcome home..!!
    Hasil penelitiannya tentang FB gimana? Apakah itu akan membuat muka penggunanya jadi mirip buku? Heheheh.. 😛

  18. Asyik, mas Heru kembali…Nah gitu dong mas kembali lagi yach, kali ini jangan pergi lagi, kalaupun pergi jangan lama-lama…kan sepi nggak ada Mas heru yang meramaikan tulisan2 di dunia perblog-kan, hahaha…
    (Padahal saya sendiri suka datang dan pergi sesuka hati, maksudnya yach kurang lebih kalau lagi sibuk terpaksa harus pergi sejenak, lalu datang lagi, hahaha…)

    Best regard,
    Bintang

  19. salam kenal? selamat datang kembali pak? (padahal saya juga sering absen dari ranah perbloggeran) wekkekke 🙂

  20. salam kembali, sama juga, saya akhir-akhir ini kok jarang ngeblog. kena sindrom gila versi Facebook. 🙂

  21. saya juga baru kembali ke blog saya yang sudah berminggu-mingu tidak diupdate…
    sibuk kuliah sih.. 🙂
    dan lebih seru kalo udah buka FB…

  22. facebook juga sering menjadi topik perbincangan di forum web kuliah fasilkom Mas. Btw, hasil penelitiannya seperti apa?

  23. Siti Fatimah Ahmad

    Salam kenal kembali. Lama tidak bersapa. Semoga beroleh kebaikan dan salam sejahtera.

  24. Wuihh baru kembali rupanya..?pakabar pak heru?sdh lama g mampir kesini.

    Salam,

  25. Ini juga, sudah rakyat susah-susah, malah kabur hilang.
    Akhirnya gak terpilih jadi wakil rakyat, datang lagi…

    Anyway, welcome…ga usah sungkan-sungkan, ini masih indonesia kita: daerah bebas goyang…!

  26. Salam kenal pak 🙂
    Blogwalking dari Twilight Express.
    FB memang sudah menggurita. anw postingan ini insah sekali pak..
    mata air cinta… ach

  27. akhirny pak hejis kembali…
    welcome 2 d’ cyber world again ^^

  28. i miss u
    pa cabar?

    selamat datang kembali abang kita ini
    salam hangat selalu

  29. salam kenal mas??? 🙂

  30. Aku kembaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, kamu pergiiiiiiiiiiiiii!!!!!!!!

  31. Aku kembaliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii, kamu pergiiiiiiiiiiiiii!!!!!!!! BTW, moga sehat walafiat dan lancar urusannya.

  32. Banyak blog yang mati suri gara2 FB ya mas…so sad…so sad

  33. Wira wiri lagi dee… di Dunia maya…
    hihi…. 😀

  34. Welcomeback home Mas…

    Aku juga cukup aktif di Fb. Tapi sejak awal aku memang menggunakannya sebagai sarana dan media tambahan/pelengkap komunikasi semata. Akupun menggunakan sebagai media sharing artikel, tulisan atau puisi yg kutulis (walau gak up date seperti di blog). Di Fb area pertemananku terlalu beragam dan beda2 interestnya. Di blog aku sangat menikmati teman dan sahabat yang cenderung lebih fokus dengan interest yang sama atau hampir sama. Jadi aku selalu menganggap Blog jauh lebih kuat dan bisa menjadi media ekspresi jiwa secara lebih bebas dan dalam. Aku menikmati keduanya, tapi memberikan porsi dan pendekatan yg sangat berbeda untuk masing2nya.. walaupu cukup banyak sahabat2 Blogku yg juga sahabat Fb ku.. 🙂

    Nice to see you back home, mas.. 🙂

  35. aku juga kembali kesini 🙂

  36. jadi, sekarang sudah insyaf, dan kembali ke jalan yang benar, pak ? hehehe

  37. sudah kembali namun belum ke rumah blue yah
    salam hangat dalam dimensinya blue

  38. wis kembali koq ga apdet-apdet ?

  39. Wes Oom, balik lagi ke rumah aja. FB skr dah diharamin sm MUI :mrgreen:

  40. Waduh! Aku ketinggalan..
    Selamat datang Pak..
    Dah lama kutunggu tulisannya, akhirnya datang juga.. 🙂

    trus gimana hasil penelitian FB nya?

  41. sudah kembali kalau begitu jangan pergi lagi, pak. sedih 😦 hehe

  42. akhirnya kembali…
    semangat baru dong…

  43. Katanya kembali, kok ilang lagi bang?

  44. kira2 masih ingat gak ya ?
    Salam

  45. sore bang
    salam hangat selalu

  46. Pak Hej..kembali kemana? abis dari nyangkul sawah yah??wekeke

  47. mujahidahwanita

    Selamat kembali mas Hejis, meskipun saya jarang koment tetapi saya rajin berkunjung kemari. Sekedar mengobrak-abrik tulisan lama.
    Jadi pengen seperti mas hejis datang kembali di dunia blogger. Semoga saja Allah mengabulkan do’a saya. Mas hejis bantu saya dgn do’a ya…???

  48. woiowoooooooooooooooo …. nyasar kemana lagi, apa lupa jalan kembali? ha ha ha

    Moga sehat dan dilapangkan urusannya. Salam

  49. sstttt pak presiden negara gila….
    jangan sampe ke empat kali nya daku add akun FB nya ya hihihihi

    EM

  50. waahh… dikira lupa alamat hehehe..
    ga nyambung yahh…

  51. Waduh..sibuk di blog yang satunya ya bang?

  52. udah komen belum yaaa???
    sampek lupa saking seringnya di update…

    hihihihihi…. 😀

  53. acc FB jgn suka di ilangin ya..

  54. huaahh.. akhirnya bisa komen disini lagi

  55. waduhhh.. mas heru lagi jatuh cinta kayaknya ini..

  56. hai mas heru,
    gimana kabarnya? kok gak dibuat lagu kaya pasto? hehehe. so, jadi ke jogjakah waktu itu?

  57. Kemaneeeee Ajeeeeeeeeeeeeeeeeeee Masssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  58. iya jg ya,…. banyak yang dah mulai g peduli blog dg merebahnya demam fb, tp btw pendahuluannya kok romantis bgt kayak mo buat cewek aja wk wk wk

  59. akhirnya kembali juga..
    gimana nih kabarnya Mas..

  60. welcome back.. kemana ajaaaa??
    bakal sering ketemu lagi nih
    di sini & di fb hihihi..

  61. Waduh.. Aku terlambat gak nich.. Yuni berkunjung ni mas hejis membawa senyum..:)

  62. pa cabar,bang?
    salam hangat selalu
    semangat ok

  63. hore, slmt dtg kmbl. g bd jauh sm aQ, aQ jg akhirnya bs kembali nge blog..senengnyaaaa…

  64. Ping-balik: IBSN: Benarkah orang endonesia tidak suka yang rumit-rumit? « to live to love to leave legacy

  65. O..alah ini tah postingan terbaru. Balik ke FB bulan Mei, sampai sekarang gak balik-balik lagi. Ayo ngeblog lagi

  66. malam bang………
    pa cabare?
    salam hangat selalu

  67. lhoooo…kuq masih sepi..pripun niki pak Hru..? :mrgreen:

  68. lhoooo…kuq masih sepi..pripun niki pak Hru..? :mrgreen:

  69. duh..komen yg pertama salah pake link orang hahaha… maapppp

  70. waduh , baru kembali lagi . komennya udah banyak .

    mampir lagi om 🙂

  71. mas heruuuuuu… hehehe… aku berkunjuung loohh wkwwkwk…

  72. kan pasti kembali…berlari bebas…………krakataumode on
    selamat sore om
    salam hangat selalu

    pa cabar?

  73. Selamat datang kembali pa..^_^

    Jejaring sosial no 2 d duni saat ini FB

  74. Kunjungan kenegaraan pak Hejis…….

  75. pakabar pak? 🙂 Ikutan 4th IBSN award yuk..
    Informasi dan ketentuan silahkan baca di sini
    IBSN= Karena Berbagi Tak Pernah Rugi..

    Trimakasih…^_^

  76. aku juga baru kembali lagi bang
    salam hangat dalam 2 musimnya blue

  77. welcome home..this is the real home.

  78. pagi
    dan blue datang di rumah akang dimanapun berada
    karena blue kangen dengan postingan akang
    ayo jadinya akang mesti semangat
    salam hangat selalu

  79. aku kembali padamu sir hihihihi…….
    welcome home…

  80. blue pun kembali
    salam hangat selalu

  81. Saya juga kembali mengunjungi laman ini.

  82. mau puasa dan tolong blue dimaafkan jika ada salah
    salam hangat selalu

  83. selamat menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan ini. semoga lancar.

  84. katanya sudah kembalii..??
    tapi kok sepi lagii..??

    sibuk benahi FB.. jadi lupa jalan kemarii..?

  85. Salam Takjim
    Lahirlah dimasa lampau kalau ingin tenang, zaman berkembang karena ada yang maju.
    Salam Takjim

  86. kangen kangen kangen sama abang
    met berbuka puasa bang
    salam hangat selalu

  87. Met PUASA… Selamat datang kembali.. Ditunggu post barunya.. ^_^

  88. SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI..1430 H
    MOHON MAAF LAHIR BATHIN….

  89. الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر
    ..
    Allahuakbar 3x
    Lailahaillallohhu wallohu akbar
    Allahuakbar walillahilhamd
    ..
    Gemuruh takbir berkumandang di penjuru negeri, tanda hari raya akan tiba
    Bila ada salah kata mohon dilepaskan bila ada tutur yang ngawur mohon dilebur.
    Seluruh umat islam bermuhasabah dengan tetap berharap rindu akan RamadhonMu Ya Robb yang maha Menghidupkan lagi Maha Mematikan
    ..
    Salam Takzim 1430H

    الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر

  90. ۞۩۞ تقبل الله منا ومنك ۞۩۞ Selamat hari raya idul fitri 1430 H Minal aidzin wal faidzin Mohon maaf lahir dan batin

    here’s hoping that we all shall be enlightened by the almighty, and forgiven for our wrong doings! Ameen, May Allah bless us all.
    الله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبرالله أكبر
    best regards,
    Pakde

  91. Selamat Idul Fitri 1430H Sahabat, mohon maaf lair batin yaa.. 🙂

  92. Minal aidzin wal faidzin…
    Dah selesai hiatus rupanya…^^

  93. minal aidzin walfaidzin..
    selamet datang kembali

  94. Ping-balik: Artik3L qu3 « death race

  95. bapaakkk..kapan kembali lagi?kenalkan saya komang, yang kemren sms. katanya bapak sakit..

  96. salam hangat selalu . . .

  97. Anyway, welcome…ga usah sungkan-sungkan, ini masih indonesia kita: daerah bebas goyang….

Tinggalkan komentar